Bupati Aceh Barat Resmi Membuka Kegiatan TMMD Reg Ke-108 Kodim 0105/Abar

SWARNANEWS.CO.ID, ACEH BARAT  |Komandan Kodim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd, selaku Dansatgas TMMD Reg ke-108 TA. 2020 bersama dengan Bupati Aceh Barat H. Ramli, MS menandatangani kegiatan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-108 TA. 2020, di wilayah kodim 0105/Aceh Barat bertempat di Aula Makodim Jln. Imam Bonjol desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Selasa (30/06/2020).

Adapun susunan kegiatan TMMD Reg ke-108 TA. 2020 yaitu Laporan Perwira Acara, sambutan Dandim 0105/Aceh Barat, sambutan Bupati Aceh Barat, penandatanganan penyerahan pelaksanaan TMMD Reg Ke -108 TA. 2020 kepada Dansatgas dan Pembacaan Do’a.

Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd saat sambutannya mengucapkan terima kasih kepada jajaran personil satgas TMMD lebih khususnya pemerintah daerah (Pemda) Aceh Barat yang telah memilih desa Lango Kecamatan Pante Ceureumen untuk pelaksanaan program kegiatan sasaran TMMD ke-108 TA. 2020.

 

Desa Lango merupakan termasuk desa terpencil yang terletak di pedalaman Aceh Barat yang akses jalannya yang belum memadai, dengan dibangunnya jalan ini telah memberikan harapan baru bagi warga Desa Lango khususnya, lantaran rute tersebut dapat memberi banyak kemudahan warga Desa Lango maupun Desa sekitarnya.

Jika selama ini butuh waktu berjam-jam untuk membawa hasil dari kebun ataupun sawah, maka dengan dikerjakan nya oleh TNI melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan mengandeng Pemerintah Kabupaten Aceh barat, nantinya tidak lagi butuh waktu lama untuk membawa hasil kebun.

Dansatgas TMMD Reg 108 Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd dalam sambutannya juga meyampaikan tentang kegiatan TMMD Reg ke-108 yang akan kita laksanakan saat ini, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya. Kegiatannya diprioritaskan di wilayah pedesaan dengan kategori daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar, kumuh dan perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

TMMD dengan sasaran kegiatan fisik telah berhasil melaksanakan pembangunan di desa-desa secara gotong royong, kegiatan ini telah berjalan sejak tahun 1980 dengan ABRI Masuk Desa (AMD) sampai dengan sekarang dengan istilah TMMD. Manfaat TMMD telah banyak dirasakan oleh masyarakat terutama meningkatnya kesejahteraan masyarakat perdesaan di seluruh wilayah indonesia.

Selanjutnya pada kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh hadirin yang berkesempatan hadir pada hari ini untuk sama- sama mendukung kegiatan ini, dengan demikian kegiatan ini akan terlaksana dengan maksimal, dan dapat membantu pembangunan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera di wilayah Aceh Barat.
Kepada pimpinan dan jajaran instansi pemerintah terkait serta semua pihak yang ikut mengambil bagian dalam program ini, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tinginya. Mudah – mudahan kerja sama dan segala upaya ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah ini.

Sementara, Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penunjukan Kabupaten Aceh Barat sebagai lokasi TMMD Reg ke-108 tahun ini, tepatnya di Desa Lango Kecamatan pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat, H. Ramli MS di sela-sela penandatangan MoU di ruang Aula Kodim 0105/Aceh Barat.

Salah satu program TMMD Reg-108 TA.b2020 kali ini, yakni perintisan akses jalan perbatasan Kecamatan antara Desa Lango dan Desa Antong Kabupaten Aceh Barat yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh warga masyarkat setempat.

 

Semoga sinergitas TNI-Pemkab dan rakyat serta instansi terkait lainnya akan terus terjalin untuk membangun Kabupaten Aceh Barat yang lebih baik lagi, Aamiin Ya Rabbal’alamin, tambah H. Ramli MS.

Adapun yang hadir dalam acara TMMD Reg Ke-108, diantaranya Dandim 0105/Aceh Barat, Bupati Aceh Barat, Kajari Aceh Barat, Kasiterrem 012/TU, Wakil Ketua DPRK, Wakapolres Aceh Barat, Kadis PU PR ,Kepala DPKKD, Sekertaris Bappeda, Ka Dinkes, Kepala BPMG, Kepala Inspektorat, Para Camat se Aceh Barat, dan Geuchik gampong Lango Kecamatan Pante Ceureumen.

Kegiatan TMMD Reg ke-108 TA.2020 selesai pukul 09.55 Wib berjalan dengan aman dan lancar, kegiatan dilanjutkan peninjauan ke Lokasi TMMD Reg Ke-108 di Desa Lango kecamatan Pante Ceureumen kabupaten Aceh Barat. penandatanganan TMMD Reg ke-108 H.Ramli MS dan Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd diakhir.

Teks: Serma Fauzi

Editor: Sarono PS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *