Bawaslu Makin Sigap Sosialisasi Pengawas Data Pemilih

SWARNANEWS.CO.ID, PALI | Bawaslu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir(PALI) gelar Sosialisasi pengawas data pemilih pada pemilihan Kepala Daerah PALI tahun 2020 di hadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi SE,MSi Kepala Dinas Disdukcapil Rismaliza ,tokoh masyarakat,tokoh pemuda,tokoh agama dan tamu undangan lainya,acara berlangsung di Aula Rumah Makan Sejahtera Airpot Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi,
Kamis (09/07/20).

Ketua Bawaslu PALI, Heru Muharam didampingi divisi SDM Basrul SAP dan divisi pengawasan Iwan Dedi, mengatakan jelang pendataan Pemilih, KPU melalui PPK dan PPS, melakukan pendataan terlebih dahulu.

“Petugas Pemuktahiran Data Pemilih, akan melakukan Coklit dengan dengan cara mendatangi Pemilih secara langsung. Bawaslu siap mendampingi untuk Coklit nantinya,” ujarnya.

Lanjut Heru mengungkapkan dengan adanya sosialisasi ini, bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat agar ketika petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP melakukan coklit bisa sesuai aturan.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen dan masyarakat untuk memahami dalam pengawasan ketika coklit atau pemutakhiran data pemilih supaya tidak terjadi pelanggaran,” ajaknya.

Sementara itu divisi pengawasan Iwan Dedi, mengungkapkan apabila ada warga penduduk PALI berdomisili di PALI tetapi tidak didatangi PPDP silahkan laporkan.

“Sebab sesuai pasal 177 dimana barang siapa yang dengan sengaja memberikan keterangan tidak benar maka ada sanksi pidana kurungan penjara 3 sampai 12 tahun atau denda Rp 3 juta sampai Rp 12 juta. Kita gerakan PKD untuk ikuti PPDP saat bekerja agar pengawasan berjalan efektif,” tandas Iwan Dedi.

Lebih lanjut Iwan menuturkan Bawaslu bekerja sama dengan PKD mengawasi proses pemutakhiran data pemilih yang turut serta saat PPDP bekerja. Bawaslu juga membuka pos pengaduan di masing-masing Panwaslu kecamatan serta PKD.

Teks : Sangkut
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait