Brigjen Hasan Apresiasi Sangat Positif Inovasi Satgas TMMD ke-108

SWARNANEWS.CO.ID, OGAN ILIR | Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Brigjen M Hasan mengapresiasi sangat positif langkah langkah yang dilakukan Tim Satgas TMMD ke-108 di Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang.

“Saya apresiasi dan ucapkan terimakasih atas program nyata yang bermanfaat bagi masyarakat ini, ” ujarnya saat Kunker di Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (14/7/2020).

Acara dimulai dengan paparan Dansatgas TMMD yang juga Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni SSos.

Zamroni mengemukakan dasar pemilihan lokasi daerah pertanian yang perlu dibantu akses jalannya di dua desa tersebut.

Sedangkan proses TMMD diawali dengan pra TMMD tanggal 15 sd 19 Juni 2020 lalu. Dengan sasaran fisik pelebaran jalan, pembangunan masjid hingga non fisik berupa penyuluhan Bakti sosial wawasan bela negara, kebangsaan, bahaya narkoba dan bakti kesehatan.

Perwira yang menjabat sebagai Dandim awal tahun 2020 ini menguraikan tentang kondisi awal hingga progres pembangunan saat ini. Uraikan tentang proses pembangunan masjid saat ini kondisi sudah 75 persen. Lantainya sudah dikeramik. Demikian juga mesjid Nurul Qolbi di Pulau Negara ditinggikan dinding. Bantuan keramik 150 kotak dari Arwana.

Kemudian ada sunatan massal, KB kes, donor darah dan pengobatan gratis. Penyuluhan pertanian komoditi cabe, penyuluhan agama.

Sedangkan anggaran pembangun jalan sepanjang 1.800 meter Rp 2 Miliar dari Pemkab OI. Lalu untuk dua mesjid dianggarkan Rp 150 juta. Bantuan semen baturaja belum sampai lokasi. Dirjen Wasev Brigjen M Hasan didampingi Kasrem Gapo Kol Inf Ade Heri, Sekda OI Herman SH MM, Dandim 0402 Letkol Zci Zamroni SSos, Forkompinda, OPD serta undangan sipil dan militer lainnya kemudian menyimak sambutan Bupati OI HM Ilyas Panji Alam diwakili Sekda Herman SH MM. Danrem Brigjen Jauhari Agus, juga hadir pada kesempatan itu.

Herman mengemukakan Kabupaten OI saat ini terdapat 241 desa dan kelurahan. Desa Pulau Negara dan Sarang Lang ini desa pertanian. Hal ini selaras kurangi angka kemiskinan. Saat ini angka kemiskinan OI 13 persen.

Dia juga meminta Kepala Dinas PU PR backup penuh Sehingga program ini selesai. Setelah selesai agar masyarakat dapat menggunakan dan merawatnya dengan baik.

Lalu dilanjut sambutan dari tokoh masyarakat oleh Rozal yang menyampaikan terimakasih atas karya nyata TNI di desanya.
Brigjen TNI M Hasan mengemukakan, saya atas nama kepala staf TNI AD mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan sehingga kegiatan ini berjalan sukses. Maksud kedatangan amanah dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk memberikan dukungan bagi suksesnya program TMMD sudah berjalan 40 tahun. Lokasi yang dipilih berupa desa terpencil dan terpelosok. Kegiatan ini merupakan bakti TNI yang terintegrasi dengan semua pihak.

Sasaran yang dipilih yang jadi skala prioritas dan melalui rapat DPRD. Saat ini kita melaksanakan dengan kondisi berbeda yakni adanya pandeni covid 19.

“Jangan pernah kita merasa aman dari covid 19,” tegasnya.

Dia meminta semua pihak saling bantu sukseskan TMMD. Kepada Satgas TMMD tetap jaga kondisi moril, jaga kesehatan dan jadi karya ini sebagai ibadah.

Sedangkan tentang Inovasi swakelola dan lain lain tidak jadi masalah. Ujungnya yang penting pertanggungjawaban harus clear sehingga tak menimbulkan masalah.

Pada kesempatan itu juga diberikan bantuan dari alumni Akabri Angkatan 1989, berupa sembako dan lainnya.

Teks/Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait