Koperasi Linggau Madani Berkah Sukses Lakukan RAT II

Ali Murtado, R.O Terpilih Ketua Baru KLMB

 

SWARNANEWS.CO.ID, LUBUKLINGGAU | Bertempat di Aula Pesantren Uswatun Hasanah Kota Lubuklinggau, Koperasi Linggau Madani Berkah (KLMB), sukses laksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) II TA 2019, Sabtu 11 Juli 2020.

Ketua KLMB terpilih dari proses RAT II TA 2019 untuk masa kepengurusan TA 2020/2021, Ali Murtadlo, pada Kamis (16/7/2020) kepada Swarnanews.co.id, mengungkapkan bahwa dia akan menjalankan amanah yang dimandatkan kepadanya.

Sebelumnya diketahui forum RAT II 2019 KLMB dipimpin oleh Hermansyah Syamsiar, M.Pd, didampingi moderator Drs. Ismu Rijal Umar menentukan beberapa agenda rapat. Antara lain penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus dan dewan pengawas, diskusi dan tanya jawab, pengesahan keputusan rapat.

Rinci kegiatan RAT II TA 2019 lanjut Ali (sapaan Ali Murtadlo), sidang pleno dibagi dalam tiga sesi. Dimana pada sidang Pleno 1 (satu) menetapkan pimpinan sidang terdiri dari ketua rapat yang terpilih Hermansyah Syamsiar, M.Pd dengan anggota Drs. Ismu Rijal Umar, Ns. Nelly Haryanti, S.Kep dan Elda Veronica, SE, MM.

Pada sesi sidang Pleno 2 (dua), dengan agenda pemaparan dan pembahasan mengenai laporan dewan pengurus dan pengawas.

Sesi sidang Pleno 3 (tiga), membahas pemilihan pengurus KLMB untuk masa kepengurusan TA 2020/2021.

Dari rangkaian sidang pleno menghasilkan berbagai kesimpulan antara lain berbentuk usulan, tanggapan dan ketetapan.

Anggota KLMB yang hadir dalam forum RAT ini mengusulkan berbagai usulan antara lain, agar adanya penjelasan mengenai aturan penanaman modal dan penarikan dana terhadap semua anggota KLMB.

Selanjutnya, usulan agar pengurus melakukan penagihan terhadap simpanan wajib anggota KLMB. Usulan agar dibuatkan target pembelian atau pembelanjaan anggota di 212 Mart Lubuklinggau agar target penjualan terpenuhi.
“KLMB hingga saat ini sudah memiliki unit usaha berupa gerai yang dinamakan Gerai 212 Mart. Ada dua unit gerai yang keduanya berada di Kota Lubuklinggau”, timpal Ali.

Lalu lanjutnya, anggota KLMB juga mengusulkan penggantian ketua dengan tetap mempertahankan beberapa pengurus lama sekaligus melakukan penambahan beberapa bagian yang berkonsentrasi pada penjualan.

“Dalam sidang RAT II juga muncul usulan agar adanya edukasi mengenai visi dan misi KLMB terhadap semua anggota. Sehingga merasa bertanggung jawab untuk kemajuan 212 Mart”, beber Ali.

Pada sesi akhir RAT II KLMB menetapkan dua hal pokok yaitu penegasan di dalam AD ART mengenai prosedur penarikan dana investasi. Dan penggantian ketua dan pengurus KLMB TA 2020/2021.

Berikut susunan pengurus baru KLMB berdasarkan mandat RAT II (ke dua) ;
Ketua umum : Ali Murtadlo, RO
Ketua I : Dra. Hj. Mardayepi, M.Pd
Ketua II : Elda Veronica, SE. MM
Sekretaris : Nukmal Insan
Wakil Sekretaris : Sri Oktaviani
Bendahara : Hj. Nurmala Sari
Kadiv bisnis dan Pengembangan : Asri Yeni, S.Pd
Kadiv SDM : Ns. Nelly Haryanti, S.Kep
Kadiv Operasional dan keuangan : Hj.Rita Heriyanti
Manajer Operasional : Drs.H.Mawardi

Selain dua ketetapan tersebut rapat tahunan ini juga memberikan mandat supaya dilakukan evaluasi penambahan bagian yang akan berkonsentrasi terhadap penjualan dan keaktifan belanja anggota. Sedangkan untuk rencana kerja 2020 akan dibahas pada rapat khusus pengurus yang terpilih. Lalu akan dilakukan penagihan simpanan wajib kepada seluruh anggota KLMB”, papar Ali seraya menutup perbincangan.

Untuk tambahan informasi KLMB sejak berdiri sudah memiliki legalitas badan hukum berupa Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah nomor 006946/BH M.KUKM.2/1/2018 Akta No.04 tanggal 26 Oktober 2017.

Koperasi ini hingga 31 Desember 2019 mencatat jumlah anggotanya sebanyak 258 orang. Adapun unit usahanya berupa gerai 212Mart sudah memiliki ijin resmi berupa legalitas ijin usaha nomor 0220108200559.

Dengan unit usaha berupa gerai 212Mart yang pertama beralamat di Jalan Yos Sudarso No.166 RT 10 Kelurahan Taba Jemekeh Lubuklinggau.

Sedangkan gerai 212Mart Assalam merupakan gerai yang kedua beralamat di Jalan Garuda tepatnya berada di Komplek Masjid Agung Assalam, Kota Lubuklinggau.

Teks : Rehanudin Akil
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait