Muba Jajaki Bersiap Bangun Ponpes Gontor

SWARNANEWS.CO.ID-SEKAYU | Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berinisiatif mendirikan cabang salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia, yakni Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG).

Rencana terungkap dalam Rapat Persiapan Pendirian Cabang Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG) di Kabupaten Musi Banyuasin yang dipimpin Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait di Ruang Rapat Randik Sekretariat Daerah Muba, Rabu (15/7/2020).

Dalam rapat tersebut Sekda Muba mengatakan untuk pengembangan Proses belajar mengajar PMDG ini Pemkab Muba akan menyiapkan lahan hamparan seluas 30 Hektar yang berada di Kecamatan Keluang.

Untuk itu ia mengintruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Muba, Bagian Kerjasama Daerah Sekretariat Daerah Muba, Bappeda, dan Kemenag Kabupaten Muba untuk berkoordinasi dengan pihak PMDG.

“Karena inisiatif dari kita, kita harus bentuk tim untuk mencoba menjajaki pengembangan Ponpes ini,” ujarnya.

Staf Khsus Bupati Muba Bidang Perubahan Iklim dan Lingkungan Hidup Dr Najib Asmani mengungkapkan PMDG adalah Ponpes terbesar di Indonesia sudah tersebar di 19 wilayah berbeda yang memang banyak peminatnya dengan rata-rata menerima 1.500 siswa pertahun.

“Kalau kita mau mendirikan Ponpes ini kita harus menghibahkan penuh lahan, manajemen dan yang mengajar pun alumni dari Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor,” ungkap Najib.

Sementara Kabag Kesra Setda Muba H Opi Pahlopi yang sekaligus sebagai Ketua Pondok Pesantren Muba, mengatakan di Bumi Serasan Sekate saat ini ada sebanyak 62 pondok pesantren, dan ia sependapat jika dibangunkan PMDG akan menambah jumlah ponpes, ini juga termasuk dalam pelaksanaan visi misi Pemakb Muba yakni membangun umat berbasis agama.

“Pada intinya kami sangat setuju dibangunnya PMDG di Muba,” kata Opi Palopi.

Turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Musni Wijaya, Plt Kepala Dinas Sosial Muba Ahmad Nasuhi, Plt Kepala Dinas PU Perkim Rismawati Gatmir , Kabag Kerjasama Daerah Setda Muba Dicky Meiriando, dan Perwakilan Kemenag Muba H Ahmad Yani.

Teks/Editor : Malaka/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait