Danrem 012/TU di Dampingi Dandim 0105/Abar Tinjau TMMD Ke-108 di Desa Lango

SWARNANEWS.CO.ID, ACEH BARAT | Danrem 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Djon Afriandi SIP. MS. DA didampingi Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd, meninjau langsung TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg Ke-108 TA. 2020 di wilayah Kodim 0105/Aceh Barat tepatnya di dusun trans lokal Desa Lango Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat, Jum’at (17/07/2020).

Dalam kunjungannya, Danrem 012/TU didampingi Dansatgas TMMD Ke-108 Dandim 0105/Abar Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd dan Mayor Inf Abdul Munif (Pasi Bhakti TNI Korem 012/TU) Kapten Inf Hendra Sahputra (Koorlap) Ipda Karianta, S (Kapolsek Pante Ceureumen) Pelda Said Aswan (Danpos Ramil 05/PC) dan T. Yusmiba (Keucik Desa Lango) langsung meninjau kelokasi TMMD Ke-108 untuk memastikan pembangunan fisik penerobosan jalan baru, pembuatan parit kiri/kanan jalan dan pembuatan Box Culvert yang telah dikerjakan maupun kegiatan nonfisik berjalan dengan lancar di Desa Lango Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat.

Sebelumnya, Danrem 012/TU menerima paparan singkat oleh Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd mengenai sasaran fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 2.200 meter × L 7 meter mencapai 61 %, pembuatan parit kiri/kanan jalan P 2.200 meter × L 1 meter mencapai 52 % dan pembuatan jembatan box cluvert P 4 meter × L 7 meter 1 unit, Di H + 16 minggu ketiga sudah mencapai hasil yang maksimal, ujarnya.

Dansatgas TMMD Reg Ke-108 TA.2020 Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd menambahkan, manfaat pembangunan jalan dalam rangka TMMD Ke-108 ada beberapa aspek di bidang Pendidikan, perekonomian, transfortasi dan kesehatan. Bidang pendidikan dengan adanya askes pembuatan jalan ini untuk anak-anak di Trans Lokal Desa Lango, secara otomatis dapat terjangkau dengan cepat.

Di bidang pertanian wilayah di daerah Desa Lango sampai dengan Pante Ceuremen tanahnya sangat subur sekali kemudian dari akses jalan tembus ini juga ada program dari pemda tentang pembukaan lahan produksi sawet ± 1.000 Ha yang bermanfaat untuk masyaraka. Selain tersebut akan ada lagi produksi-produksi lain semoga kedepan perekonomian masyarakat semakin meningkat.

Di bidang kesehatan di daerah Lango jalan transportasi untuk mencapai ke Puskesmas dan sebagainya jauh, dengan pembangunan akses ini bisa cepat sampai dari yang sebelumnya Kecamatan Panton Reu sampai dengan Kecamatan Pante Ceureumen ± 8 KM di tempuh selama 4 jam. Dengan penerobasan jalan baru ini bisa mempersingkat akses transportasi menjadi cepat ditempuh selama 1,5 jam. Kekurangan atau kendala akan menjadi bahan masukan koreksi untuk diatasi agar tidak berkelanjutan.

Dansatgas TMMD Ke-108, Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd menambahkan memerlukan kerjasama dan dukungan dari pemerintah daerah (Pemkab) Aceh Barat dan masyarakat sehingga hasilnya nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa, pungkasnya.

Teks:Serma Fauzi
Editor: Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait