Serap Aspirasi Warga Tiap Jum’at Kecamatan Jirak Jaya Lakukan 3 M

SWARNANEWS.CO.ID, MUBA | Berbagai upaya terus digencarkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dibawah komando Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Lic Econ MBA untuk meningkatkan kesejahteraan dan mempercepat pembangunan hingga kawasan pelosok.

Termasuk kali ini, melalui Pemerintah Kecamatan, Bupati Muba Dodi Reza menyerap masukan atau aspirasi warga di Kecamatan Jirak Jaya dengan menerapkan program Duduk Besame (Dume) yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

“Gerakan DUME atau Duduk Besame gerakan silaturahmi dan pendekatan tiap tiap unsur di yang ada di lapisan masyarakat yang mulai dilaksanakan tiap hari Jumat dan dimulai hari ini 17 Juli 2020,” ungkap Camat Jirak Jaya.

Dikatakan, Gerakan Dume ini melibatkan semua unsur masyarakat mulai dari Tokoh Agama, Tokoh Pemuda hingga Tokoh Masyarakat. “Semacam diskusi, dan pemetaan apa yang akan dilakukan ke depan dengan realisasi nyata,” terangnya.

Lanjutnya, gerakan Dume juga menerapkan 3 M yakni Menyapa, Monitoring, dan Mengunjungi. Menyapa langsung Warga masyarakat berdialog untuk mendengar dan menyerap suara masyarakat secara langsung.

“Lalu, Monitoring pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di tingkat desa,” imbuhnya.

“Mengunjungi sekaligus menginventarisir Usaha Ekonomi Masyarakat sebagai penghasilan alternatif mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk selanjutnya diadakan pembinaan dan dilanjutkan ke dinas teknis,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Lic Econ MBA mengatakan, melalui program Dume juga sebagai program memonitoring program ketahanan pangan di Muba dan pelaksanaan UMKM di Muba.

“Banyak yang bisa didapat dengan Prigram Dume lewat diskusi bersama semua unsur. Budaya inilah yang harus kita gencarkan dan pertahankan agar Muba Maju Berjaya di tahun 2022 dapat terlaksana dengan hasil maksimal,dan sesuai dengan harapan rakyat Muba harapnya.

Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik Indonesia ini menambahkan, gerakan Dume sebagai bentuk sumbangsih warga agar pelayanan serta pembangunan di Muba dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Saya minta agar semua Kades dan Camat benar-benar monitor dan serta merangkum semua masukkan warga melalui gerakan berdialog dgn warganya serta memberi solusi seperti program Dume ini,” di wilayah masing masing tandasnya.

Teks/Editor : Malaka/Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait