KPU OI Gelar Klik dan Coklit Serentak, Hari Ini

SWARNANEWS.CO.ID, INDRALAYA |Sebagai implementasi dari Peraturan KPU nomor 19 tahun 2019 tentang Perubahan Terhadap Peratutan KPU Nomor Nomor 2 tahun 2017 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, serta Peraturan KPU Nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ke-3 atau PKPU Nomor 15 tahun 2019, tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilgub/Wagub, Pilbub/Wabup, Pilwakot/Pilwawakot  tahun 2020, Sabtu (18/7/2020)  hari ini di Ogan Ilir dilaksanakan kegiatan gerakan klik dan coklit (pencocokan dan penelitian) serentak.

Ketua KPU Kabupaten Ogan Ilir Dra Masyuryati mengemukakan,  adapun kegiatan coklit dilakukan di rumah Sekda Kabupaten OI, Herman SH MM, Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Ilir,  Adi Tyogunawan SH, MH, Ketua Bawaslu OI Dermawan Iskandar, Ketua MUI  Drs HM Najib Subki dan Kepala Disdukcapil OI, Ahmad Lutfi. Kegiatan dilaksanakan  pukul 10.00 WIB.

“Ini kita laksanakan serentak. Alhamdulillah semua pihak yang kita coklit menyambut dengan antusias,” ujarnya.

 

Petugas coklit saat mendata di rumah Kadisduk Capil Ahmad Lutfi,

Kajari Ogan Ilir Adi Tyo, SH MH yang dikunjungi Komisioner KPU Robi di rumahnya juga menyambut petugas coklit dengan antusias. Usai melakukan coklit Adi Tyo bahkan menyerahkan 1 buah buku berjudul Corona Guru kita yang ditulis oleh berbagai kalangan baik itu dosen, hakim, Jaksa  dari masing-masing perspektif yang hasil penjualan bukunya telah disumbangkan untuk kegiatan meringankan dampak Corona.

Sambutan antusias juga diberikan oleh Kepala Dinas Capil Ahmad Lutfi. Pihaknya juga siap memberikan dukungan data kependudukan di Kabupaten OI sehingga akan diperoleh jumlah mata pilih yang akurat nanti.

 

Petugas Coklit saat di rumah Ketua Bawaslu Kabupaten OI Dermawan Iskandar.

Ketua Bawaslu Dermawan Iskandar yang rumahnya didatangi Komisioner KPU OI Titin Maryati dan staf  juga memberikan komentar senada. Dia mengharapkan semua pihak di OI dapat memberikan data diri dan keluarga secara terbuka sehingga dapat tercatat dalam mata pilih.

“Ini akan sangat berguna sebagai bentuk partisipasi pemilih sehingga hasil Pilkada nanti bisa betul-betul legitimate karena semua mata pilih memberikan hak pilihnya,” ujarnya lagi.

Para petugas PPDP juga terus bergerak mendatangi rumah-rumah warga di seluruh desa yang dada di wilayah tersebut.

Foto: Dok KPU OI

Teks/Editor: Sarono PS

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait