Pemdes Biyuku Banyuasin, Lantik Tiga Perangkat Desa

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, Kepala Desa (Kades) Biyuku Imron Rosadi, melantik tiga orang Perangkat Desa.

Pelantikan tersebut bertempat di Kantor Desa Biyuku Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Sabtu (18/07/2020).

Pelantikan tersebut dilakukan setelah ketiganya dinyatakan lolos dalam tahap seleksi pengisian perangkat desa. Sebanyak tiga orang perangkat Desa Biyuku yang dilantik dan diambil sumpah untuk mengisi posisi staf, Kepala Dusun I (Kadus I), dijabat oleh Anton Mulyono, KAUR TU dan Umum dijabat Nefita Kurnia Sari, A. Ma.TP serta Kasi Pelayanan dijabat oleh Ines Carera.

Kades Imron Rosadi dalam sambutannya menuturkan, pengukuhan dan pelantikan perangkat desa tersebut merupakan yang ke dua kalinya di laksanakan di setelah adanya kekosongan Kadus I karena Kadus yang lama telah mengundurkan diri dan penambahan staf perangakat desa yakni KAUR TU dan Kasi Pelayanan.

Hal itu, bertujuan untuk mengedepankan peraturan pemerintah. Para perangkat desa yang sekarang merupakan wajah-wajah baru, 90 persennya milenial sehingga dapat memberikan konsep – konsep yang kekinian dalam memberikan pelayanan dan pembangunan Desa Biyuku.

”Proses ini berjalan secara demokrasi, dari mulai tahap seleksi penjaringan dan penyaringan sampai dengan tahap pelantikan ini kurang lebih satu bulan dua minggu waktu prosesnya,” kata Kades Imron Rosadi kepada media ini.

Dengan dilantiknya para perangkat Desa tersebut, Imron Rosadi berharap dapat memberikan konsep-konsep yang kekinian, dapat menyesuaikan, bersinergi dan berakselerasi dalam kebersamaan pembangunan desa.

“Saya berharap program desa ke depannya bisa berjalan dengan maksimal, dengan dukungan para tokoh dan sesepuh daerah masyarakat, para pengurus RT, Kadus dan para perangkat desa untuk bersama-sama membangun Desa ini lebih maju,” jelasnya.

Acara pelantikan yang berlangsung dengan nuansa kesederhanaan namun tak mengurangi rasa khidmat dihadiri Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si, didampingi Sekcam Suak Tapeh, KUA Suak Tapeh yang diwakili Rusli, S.Ag, Ketua BPD Desa Biyuku Erlangga, semua lembaga pemerintahan Desa dan tokoh masyarakat desa setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si mengatakan, inti dari pelantikan tersebut, karena adanya kekosongan di perangkat desa yang harus segera di isi. Dengan mekanisme yang sesuai aturan undang-undang, PP, Kemendagri, Perda 10 tahun 2016 dan Pergub melalui tahapan yang harus di tempuh dalam perekutan perangkat desa dengan proses penjaringan dan penyaringan.

”Tentu diharapkan tim seleksi mulai dari pendaftaran dari masyarakat dan tahapan lainnya dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusianya bisa lebih baik. Karena, saya lihat di Desa lain banyak sarjana yang menjadi perangkat Desa pada umumnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Sashadiman menjelaskan, kondisi Kecamatan Suak Tapeh khususnya Desa Biyuku ini termasuk daerah yang sangat dekat dengan Kecamatan dengan masyarakat yang heterogen harus bisa di imbangi dengan perangkat desa yang memiliki kualitas SDM bagus dan baik.

”Karena beban desa sekarang cukup berat dengan anggaran desa yang cukup besar., sehingga SDMnya harus berkualitas bagus, baik dalam mengelola keuangan, isi pertanggungjawaban dan pelaksanaannya, sehingga program-program desa yang telah di rencanakan bisa terukur dan dampaknya bisa dapat di rasakan oleh masyarakat,” akunya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Biyuku Erlangga berharap para perangkat desa yang telah terpilih ini bisa melaksanakan tugasnya dengan selalu berpegang pada sunatullah dan menjalankan pelayanan dan pembangunan sesuai dengan regulasi yang ada.

”Saya harapkan para perangkat desa dapat menjalankan tugasnya dengan baik, dan bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku pada permendagri nomor 83 tahun 2017 yang di revisi ke permendagri nomor 27 tahun 2017,” pungkasnya. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait