Peristiwa Monumental di Dua Desa Itu Ditandai dengan Tugu Prasasti

SWARNANEWS.CO.ID, OGAN ILIR | Setelah melalui proses penuh heroik dan semangat cinta tanah air yang diwujudkan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0402/OKI di Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir akhirnya berakhir. Sebagai tanda peristiwa istimewa itu dibangunlah tugu prasasti untuk mengenang dan sebagai saksi sejarah pelaksanaan TMMD tahun 2020.

Proses pembuatan tugu prasasti di jalan pengubung antar kedua Desa dan pemasangan prasasti di Masjid Nurul Qalbi di Desa Pulau Negara dan Masjid Nurul Huda Desa Sarang Lang telah selesai dikerjakan oleh personel Satgas TMMD yang disaksikan langsung oleh Kades Pulau Negara Bpk Yangcik dan Kades Sarang Lang Bpk Taufiq serta para tokoh masyarakat setempat.

Dijelaskan Kapten Inf Mukhtar selaku Dan SSK Satgas TMMD, nantinya seusai pelaksanaan TMMD ke-108 Kodim 0402/OKI tugu ini akan menjadi saksi pengerjaan jalan penghubung kedua Desa dan rehab dua Masjid di Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang. ”Tugu ini akan menjadi saksi sejarah pengerjaan jalan penghubung antar kedua Desa Pulau Negara dan Desa Sarang Lang”, ujar Kapten Inf Mukhtar.

Namun demikian Kapten Inf Mukhtar yang kesehariannya bertugas sebagai Danramil 402-12/Pemulutan mengingatkan, dengan selesainya TMMD pada 30 Juli 2020 lalu, bukan berarti tugas dan tanggung jawab jajaran TNI Kodim 0402/OKI selesai. “Melainkan mungkin bisa dibilang baru setengah perjalanan bukti dari kedekatan TNI dengan masyarakat”, tegasnya.

Selain itu, sejumlah warga di kedua Desa juga menggelar syukuran atas terbangunnya jalan penghubung dan selesainya renovasi Masjid di Desanya. ”Ini sudah menjadi nadzar kami di awal pembangunan jalan ini, yakni kelak jika jalan penghubung selesai dibangun Tentara, kami akan menggelar syukuran kecil-kecilan”, ungkap Marwan, salah satu tokoh masyarakat yang menjadi promotor acara syukuran itu.
Foto/Teks: Dok Kodim 0402 OKI/OI
Editor: Sarono PS

Teks : Ril
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait