148 Bonsai Warnai Kontes Bonsai Muara Enim

SWARNANEWS.CO.ID, MUARA ENIM | Sebanyak 148 Bonsai cantik nan unik dari seluruh sudut Bumi Serasan Sekundang Muara Enim ikut ramaikan Kontes Bonsai (Jemur Bonsai) yang diselenggarakan oleh Persatuan Bonsai Indonesia (PBI) Kabupaten Muara Enim.

Jemur Bonsai yang berlangsung di Pelataran GOR Pancasila Muara Enim ini di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Ir.H.Hasanudin yang mewakili Plt Bupati Muara Enim H.Juarsah.

“Lemak saje kite nginak e cecantek, alap-alap nian bonsainye, jeme yg merawate mane sare mane lame,” canda Sekda didampingi Asisten II Amrullah Jamaludin sambil melakukan pemotongan pita tanda dimulainnya Jemur Bonsai PBI Muara Enim.

“Segala sesuatu jika kita tekuni dengan serius dengan sepenuh hati maka akan menghasilkan sesuatu yang bernilai, contohnya Bonsai yang ada di depan kita saat ini, karena bukan hanya berdampak pada pelestarian lingkungan saja tapi juga berdampak pada perekonomian masyarakat terutama petani atau pengrajin Bonsai,” ujarnya.

“Mari kita gerakan dan kita pelajari lebih dalam lagi mengenai Bonsai ini agar bisa lebih berkembang karena bukan hanya untuk sekedar hobi tapi juga dapat menjadi ladang bisnis bagi kita,” ujar Sekda.

Kemudian, Atas nama Pemkab Muara Enim Sekda mengucapkan selamat dan terima kasih kepada peserta dan para pemenang dan kepada yang belum menang jangan berkecil hati karena kedepan ada event yang lebih besar lagi menanti, terus semangat teruslah berinovasi untuk menjadi yang terbaik.

Selain itu, Ketua PBI Kabupaten Muara Enim Ganef Asmara NL, bingkai besar dari Bonsai ini yaitu untuk menata lingkungan hidup, mari bantu Pemkab Muara Enim dalam menciptakan lingkungan hidup yang Asri yang betul-betul hijau.

“Jangan sampai merusak saat Mendongkel (Mengambil) Bonsai di hutan atau apapun yang berkaitan dengan keberlangsungan lingkungan, Jadi kalau mendongkel lima Bonsai kita harus menanam minimal tiga bonsai sebagai penggantinya untuk keindahan, untuk anak cucu kita nanti dan tentunya untuk keberlangsungan lingkungan kita, apalagi kalau menemukan bonsai yang memang langka, itu perlu diingat,” tegasnya.

Adapun nama para jawara Jemur Bonsai Kabupaten Muara Enim tahun 2020 hasil penjurian dari Bahrin, Andi Victorian dan Mualana yang merupakan Juri resmi dan PBI (Juri Madya) :

–  Kelas Mame :
1. Nama Bonsai Sancang Pemilik Ganef Asmara
2. Nama Bonsai Kingkit Pemilik Ganef Asmara
3. Nama Bonsai Anting Putri Pemilik Ganef Asmara

– Kelas Small :
1. Nama Bonsai Beringin Korea Pemilik Febriadi
2. Nama Bonsai Cendrawasih Pemilik Makki
3. Nama Bonsai Mustam Pemilik Didi

– Kelas Medium :
1. Nama Bonsai Serut Pemilik Yanto
2. Nama Bonsai Anting Putri Pemilik Yanto
3. Nama Bonsai Sancang Pemilik Yanto

– Kelas Large :
1. Nama Bonsai Kingkit Pemilik H Hasanudin (Sekda Muara Enim)
2. Nama Bonsai Asam Jawa Pemilik Iwan Setiawan
3. Nama Bonsai Kingkit  Pemilik Perlaungan Harahap

– Kelas Extra Large :
1. Nama Bonsai Kimeng Pemilik Ganef Asmara
2. Nama Bonsai Serut Pemilik Yayan Kenzie
3. Nama Bonsai Kimeng Pemilik Iwan Setiawan

– Kelas Prospek Kecil :
1. Nama Bonsai Anting Putri Pemilik Agustin Kholik
2. Nama Bonsai Bokus Pemilik Wisly Hiltoni
3. Nama Bonsai Anting Putri Pemilik Deni Ade Saputra

– Kelas Prospek Besar :
1. Nama Bonsai Sancang Pemilik Arie 20
2. Nama Bonsai Serut Pemilik Yanto
3. Nama Bonsai Anput Pemilik Yanto

– Juara Best In Size Kelas Medium :
Nama Bonsai Serut Pemilik Yanto

– Juara Best in Size Kelas Large :
Nama Bonsai Kingkit Pemilik Sekda Muara Enim

– Juara Best In Show Kelas Large :
Nama Bonsai Kingkit Pemilik Sekda Muara Enim.

Teks: Jumra
Editor : Sarono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait