Kecamatan dan Polsek Air Kumbang Banyuasin, Bersenergi Atasi Karhutlah

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin, menggelar apel kesiapsiagaan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), di halaman Kantor Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin.

Apel dipimpin Camat Air Kumbang Lakoni Sapran, SH.M.Si di dampingi oleh Kapolsek Air Kumbang Iptu M.JImmy Andre. SH dan Danramil Mariana, Komandan Regu Rayon 07 BPBD Banyuasin Rusmana, SH.

Sementara Komandan Apel yakni Kanit Binmas Polsek Air Kumbang, Ipda Taufik Hidayat. Peserta Apel diikuti oleh Kepala Desa dan BPD sejajaran Kecamatan Air Kumbang, serta para Petugas Pemadam yakni Rayon 07 BPBD, Tim Karhutla dari PT. TBL, Tim Karhutla dari PT. SAP, Tim Karhutla dari PT. AAP dan Tim Relawan perwakilan setiap desa sejajaran Kecamatan Air Kumbang.

Camat Air Kumbang Lakoni Sapran, SH., M.Si dalam penyampaiannya menyebutkan, bahwa maksud dan tujuan diadakannya apel ini adalah dalam rangka gelar kesiapsiagaan pasukan dan latihan antisipasi dini sebelum terjadi karhutla di wilayah Kecamatan Air Kumbang.

Menurut dia, Kecamatan Air Kumbang merupakan wilayah yang berpotensi tinggi terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan, dibanding dengan kecamatan lainnya.

“Pada dasarnya kebakaran itu disebabkan oleh dua faktor. Yang pertama, faktor alam. Kedua, disebabkan oleh manusia. Berdasarkan hasil kajian yang telah ada, faktor alam hanya 1 persen, sedangkan faktor manusia 99 persen. Untuk mengatasi hal- hal terjadi di lapangan kita semua bersenergi,” ujar dia.

Dia menambahkan, saat ini masih ada masyarakat yang melakukan pembersihan lahan. Oleh sebab itu, dia mengimbau tidak melakukan kegiatan membakar hutan dan lahan.

Pada Apel Kesiapsiagaan tersebut Petugas dan Relawan Karhutla se Kecamatan Air Kumbang melakukan pemeriksaan kesiapsiagaan peralatan Tim dan Relawan Karhutla se Kecamatan Air Kumbang. Pemeriksaan di Pimpin oleh Camat Air Kumbang Lakoni Sapran, SH., M.Si didampingi oleh Kapolsek dan Danramil Kecamatan Air Kumbang.

“Pemeriksaan ini tujuannya untuk menunjukkan kepada masyarakat Kecamatan Air Kumbang bahwa di Kecamatan Air Kumbang telah terbentuk Tim dan Relawan, untuk mengantisipasi adanya Karhutla dan siap untuk melakukan pemadaman,” ungkap Kapolsek. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait