Kompetisi Mahir Bahasa Inggris yang Digelar Kejari OI Berakhir

  • M Rasyid Andira dari SMPN 1 Tanjung Raja dan Putri Sekar Handayani Juara I Untuk Katagori SMP Putra Putri
  • Refiansyah Trianggoro Ramadhani dari SMAN 1 Indralaya dan Rina Rosalina dari SMAN 3 Tanjungraja Juara I Untuk Katagori SMA Putra Putri

SWARNANEWS.CO.ID. OGAN ILIR  |Setelah melalui persaingan yang sangat ketat pada   final Kompetisi  Mahir  Berbahasa Inggris yang diikuti oleh 20 finalis, Kamis (13/8/2020).  M Rasyid Andira dari SMPN 1 Tanjung Raja dan Putri Sekar Handayani dari sekolah yang sama menjadi Juara 1 untuk kategori SMP Putra dan Putri. Sedangkan pada tingkat SMA tampil sebagai juara 1 Refiansyah Trianggoro Ramadhani dari SMAN 1 Indralaya dan Rina Rosalina dari SMAN 3 Tanjungraja.

Mereka yang masuk final  sebelumnya telah lolos pada  babak penyisihan. Lomba  yang berlangsung secara virtual tersebut awalnya  diikuti oleh 100 peserta  siswa tingkat SMP/MTS sederajat dan SMA/MA sederajat di Ogan Ilir. Mereka tampil dari lokasi sekolah masing-masing.

Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Ilir Adi Tyogunawan, S.H.,M.H  mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumsel Dr. Wisnu Baroto SH  membuka secara resmi acara yang menarik tersebut di Kantor Kejari OI pukul 08.00 WIB. Dalam sambutannya Adi Tyo  mengemukakan, lomba mahir bahasa inggris ini dilaksanakan dalam momentum menyambut HUT ke-75  RI. Dengan semangat ikut mengimplementasikan amanah UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa untuk itu Kejari OI ingin memberikan kontribusi dan turut andil mengambil peran dalam mengimplementasikan amanah UUD 1945 tersebut.

Kemudian nikmat kemerdekaan yang dianugerahkan Allah kepada bangsa Indonesia tersebut harus disyukuri dengan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang membawa maslahat bagi anak bangsa. Di samping itu dengan meneladani Rasulullah SAW yang penuh inspiratif, maka kegiatan itu bertujuan untuk menggali minat bakat dan kemampuan peserta dalam berbahasa Inggris.

 

 

Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta agar semangat berkompetisi  mereka yang menjadi juara akan mendapatkan hadiah 1 unit  laptop  kepada Juara  1 masing-masing katagori. Kemudian  hadiah berupa  ORIGINAL OXFORD ADVANCED ENGLISH DICTIONARY (INTERNATIONAL STUDENTS’ SERIES) untuk juara 1,2,3 seluruh kategori, UANG PEMBINAAN, CINDERAMATA AKRILIK, dan PIAGAM PENGHARGAAN.

Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr. Ir. Anies Saggaf MSCE dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dimotori oleh Kepala  Kejaksaan Negeri Ogan Ilir ini bekerjasama dengan Lembaga Bahasa Universitas Sriwijaya, LPMP Sumsel,  dan Dinas Pendidikan Ogan Ilir.

Anies menyatakan mendukung penuh kegiatan tersebut. Bukan hanya itu rector yang juga Guru Besar Fakultas Teknik Unsri ini mengharapkan kegiatan ini ke depan bisa ditingkatkan  dalam lingkup yang lebih luas dari  sekarang se-Kabupaten Ogan Ilir menjadi se-Sumatera Selatan di kemudian hari.

Dari pengamatan Swarnanews lomba berlangsung sangat dinamis dan penuh antusias dari para finalis. Para siswa level SMP/MTs dan SMA/MA tersebut unjuk kemahiran berbahasa Inggris di hadapan para juri yang merupakan pakar bahasa Inggris yakni Drs. Bambang Apriady  Leoneto M.A, Dr. Drs. Djunaidi, MLS dan Dr. Syamsuddin, MPd. Pada kesempatan pertama tampil Faiz peserta dari tingkatan SMP yang membawakan bahasa Inggris di halaman sekolahnya. Siswa SMP tersebut terlihat ekspresif dan bahasa tubuh yang mendukungnya.

 

 

M Rasyid peserta dari SMP  1 Tanjung Raja   tampil memukau. Siswa ini dengan penuh ekspresi dan berapi-api tampil berbahasa Inggris membahas tentang keunggulan belajar online dengan mempergunakan smartfone. Usai tampil dia juga menjawab dengan baik pertanyaan-pertanyaan secara interaktif yang dilontarkan oleh para dewan juri.

Masing-masing final tampil all out pada putaran final tersebut. Sementara para Dewan Juri termasuk Kajari OI Adi Tyogunawan SH MH juga turun interaktif memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada para finalis usai mereka tampil.

“Luar biasa. Kita tak menyangka kalau di OI ini ternyata anak-anaknya memiliki kemampuan bahasa Inggris amat baik,” ujar Adi Tyo.

Tanggapan serupa juga muncul dari Dr Syamsuddin  dewan juri. Menurut Syamsuddin peserta bersaing ketat sehingga selisih skor yang mereka peroleh termasuk tipis.

Keputusan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, selanjutnya kepada seluruh pemenang diundang untuk pembagian hadiah pada  Senin, 17 Agustus 2020 di Komplek Perkantoran Pemda Ogan Ilir Tanjung Senai menggunakan pakaian sekolah masing-masing dan didampingi oleh Kepala Sekolah.

Foto/Teks: Rel Kejari OI

Editor: Sarono PS

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait