ABPEDNAS Ikuti Bimtek Kapasitas BPD Menuju Desa Maju

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Banyuasin, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas BPD menuju desa maju, mandiri dan sejahtera, Sabtu (22/8/2020).

“Bimtek tersebut berlangsung selama empat hari, dimulai sejak Kamis 20 Agustus 2020, dan sampai 24 Agustus 2020 nanti,” kata Wakil Ketua ABPEDNAS Kecamatan Suak Tapeh Eta Ismanto, ketika dihubungi lewat pesan WhatsApp.

Eta panggilan akrabnya menyebut, dirinya sangat mengapresiasi Pemkab Banyuasin yang telah mengadakan Bimtek penguatan kapasitas ABPEDNAS Kecamatan yang dibekali sejumlah materi. Seperti tugas BPD, tata cara penyusunan peraturan desa, perencanaan pembangunan, hingga pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Dikatakan Eta, bahwa BPD memiliki peran yang strategis bagi jalannya pemerintahan desa. Seiring dengan meningkatnya anggaran desa, kapasitas BPD juga harus terus ditingkatkan untuk memperkuat fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Dengan mengikuti bimtek peningkatan kapasitas semacam ini diharapkan BPD bisa dengan optimal melakukan fungsi-fungsinya sebagai mitra pemerintah desa untuk mengawal jalannya pembangunan di desa,” tegas dia.

Ditambahkan Eta, BPD adalah mitra pemerintah yang harus bisa bersinergi dengan aparat desa.

“Karena mitra, sudah semestinya BPD bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Jangan ada lagi BPD yang menurunkan jabatan seorang kepala desa karena komunikasi tidak nyambung dan lain sebagainya. Kalau pun ada pemikiran yang beda, segera dicari solusinya,” tandas dia. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait