Bimtek Pemdes se-Kecamatan Pulau Rimau Banyuasin, Sukses.

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Pemerintah Kecamatan Pulau Rimau, bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) kabupaten Banyuasin, menggelar pelatihan Bimbingan Teknis (Bintek), kapasitas pengelolaan inventarisasi desa, penyusunan profil desa, Bumdes, dan sosialisasi hukum, untuk desa dalam kecamatan Pulau Rimau. Dalam rangka menuju desa Maju, Mandiri, dan Sejahtera. Acara ini diselenggarakan di Palembang.

Kegiatan ini disambut baik oleh peserta dari 17 desa dalam se-kecamatan Pulau Rimau. Harapannya kegiatan ini dapat bermanfaat dan menjadi pengalaman bagi peserta pelatihan. Acara diselenggarakan dari 25 Agustus dan diakhiri sampai 27 Agustus 2020.

Joni Gunawan, selaku kepala bidang (Kabid) keuangan Dinas Pemberdayaanmasyarakat daerah (DPMD) dia menyampaikan, ini untuk memaksimalkan peran dan fungsi perangkat desa dalam kecamatan Pulau Rimau. Guna mewujudkan pemerintahan yang dinamis dalam membangun baik dari Desa sampai ke Kota.

“Untuk itulah diselenggarakannya pembekalan akan tugas dan fungsi dalam membangun desa, memaksimalkan peran di masyarakat Desa dalam peningkatan kinerja Kepala Desa (kades), oprator desa, sekretaris desa (Sekdes), dan bendahara keuangan desa, serta perangkat desa lainya,” ungkapnya.

Camat Pulau Rimau, Edi Haryono menambahkan, bahwa apa yang telah dilakukan oleh kepala desa dan jajaran perangkatnya harus ditingkatkan, dengan mengikuti pelatihan yang telah diselenggarakan. “Guna mengupgrade diri untuk kebaikan pelayanan kepada masyarakat.”

“Peran penting untuk membantu Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Begitu juga Kepala Desa atau Pemerintah Desa tidak bisa bekerja maksimal tanpa peran dari perangkat desa lainnya. Jadi satu sama lain saling keterkaitan dalam membangun pemerintahan desa,” ujarnya.

Dalam kegiatan acara Pelatihan bimbingan teknis (Bintek), dia menyampaikan kepada seluruh peserta, bahwasannya kegiatan pemerintah desa (Pemdes) meliputi dalam wilayah kecamatan Pulau Rimau.

Sementara, salah satu peserta pelatihan bimbingan teknis (bintek) yakni Seketaris Desa (sekdes) Nunggal Sari Sri, banyak yang didapatkan dari pelajaran ini dan menjadi pengalaman berharga juga menambah pengetahuan tentang pelatihan Bintek aplikasi Siskeudes.

“Dalam kegiatan pelatihan aplikasi Siskeudes ini adalah memberikan dasar laporan keuangan yang baik dan benar. Ini sangat berkaitan langsung dengan laporan keuangan desa dan APDes perubahan,” Ungkap dia ketika ditanya media ini.

“Manfaatnya, meningkatkan program pembangunan desa, dan untuk meningkatkan kualitas serta kinerja semua aparatur desa, dengan lebih transparan dan tepat sasaran, dan banyak lagi dari pelajaran pelatihan Bintek kita dapat ilmunya.” ungkap dia

Sementara forum kepala desa menggungkapkan bersyukur telah suksesnya acara ini. Acara bimtek berlasung sukses sesuai rencana alham dullilah tambah lagi ilmu kami, dan tentunya dangan prokes yang ketat diterapkan panitia,” tutup salah satu pengurus forum kades Pulau Rimau Nurcholis.(*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait