Dukung H2G, Gubernur HD Muluskan Ruas Mura-Palembang Bisa Ditempuh 3,5 Jam

SWARNANEWS.CO.ID, MUSI RAWAS | Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru (HD) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Musi Rawas (Mura), Minggu, 30/08/2020.

Kunker ini diawali dengan melakukan kegiatan di Desa Yudha Karya Bakti (YKB), Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

Gubernur HD hadir menggunakan pesawat helikopter milik PNPB Provinsi Sumatera Selatan yang terbang dari Palembang menuju Musi Rawas. Pantauan awak media tepat pukul 09.00 WIB helikopter yang membawa orang nomor satu di Sumsel ini mendarat di Lapangan Bola YKB persis di depan Kantor Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukakarya.

Cukup mengejutkan seperti yang diakui Bupati Mura, H Hendra Gunawan (H2G) kehadiran Gubernur di lokasi acara Kunker terpaut selisih beberapa menit lebih cepat dibandingkan kedatangannya.

“Luar biasa demi Musi Rawas Pak Gubernur hadir lebih cepat. Atas kecintaan dan kerinduannya terhadap warga Mura Pak Gubernur pilih Pilot tangguh dan professional sehingga hadir lebih cepat dibandingkan saya”, ungkap Bupati H2G dengan bercanda dan diplomasi.

Masih kata H2G, bahwa demi Mura juga untuk pertama kalinya sebagai gubernur mengucurkan dana pembangunan sangat besar senilai kurang lebih Rp.81 M.

Dalam sambutannya H2G melaporkan kehadapan Gubernur HD dan seluruh yang hadir pada kegiatan tersebut, bahwa Mura sudah mengalami kemajuan dan sudah lepas dari status kabupaten yang tertinggal.

“Kami laporkan Pak Gubernur, bahwa ada 186 Desa, 13 Kelurahan dan 14 Kecamatan yang ada di Musi Rawas. Lima tahun lalu saat pertama saya pimpin Mura ada ratusan desa dengan status dan kondisi sangat tertinggal. Alhamdulillah sekarang sudah tidak ada alias zero desa sangat tertinggal di Mura”, papar Bupati Hendra Gunawan.

Masih kata H2G, kemudian untuk status desa tertinggal saat ini masih ada enam desa lagi. Tetapi jika digenjot pembangunan sarana jalan dari Simpang Semambang sampai perbatasan wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Maka status desa tertinggal terhadap enam desa dalam wilayah Mura segera lenyap.

“Sebab ada enam desa tertinggal yang berada dalam kawasan HTI. Maka dengan dimulainya pembangunan sarana jalan dari Simpang Semambang hingga Pali oleh Bapak Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, sama halnya menghapus status desa tertinggal di Mura”, ungkap Bupati H2G penuh semangat.

Kemudian lanjut Bupati Hendra Gunawan, saat awal Ia pimpin Mura hanya ada hitungan jari saja desa dengan status berkembang. Saat ini sudah ada sebanyak 135 desa berkembang, termasuk Desa Yuda Karya Bhakti.

“Ulang menggembirakan sebelumnya belum ada desa maju. Alhamdulillah saat ini sudah ada 45 desa maju di Musi Rawas”, tambah H2G bangga.

Kembali mengenai ruas jalan Simpang Semambang menuju Pali awalnya pada tahun 2016 sudah dibenahi dan mulus. Lantaran jalan ini merupakan perlintasan vital terutama untuk sarana lalulintas moda angkutan untuk hasil produksi minyak bumi, hasil perkebunan, pertanian dan sebagainya maka badan jalan menjadi rusak lagi.

Kunjungan Kerja (Kunker) Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru ke Kabupaten Musi Rawas dalam rangka pelaksanaan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan Tahun 2020. Hadir mendampingi, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Dapil Mura Lubuklinggau dan Muratara, H Novian Fauzi Ishak, SH (Ucik), Komisaris Utama Bank Sumsel Babel, Edi Junaidi, Kepala UPTD PJ3 Bina Marga Sumatera Selatan, Ir Mujianto, M.Si, Waka II DPRD Kabupaten Musi Rawas, Hendra Adi Kusuma, SH beserta unsur Forkopimda Kabupaten Musi Rawas dan pejabat penting lainnya dari Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Gubernur H Herman Deru memastikan pelaksanaan perbaikan infrastruktur jalan dari Simpang Semambang sampai ke perbatasan Kabupaten Pali akan mulus pada tahun 2021. Ditargetkan, akses Simpang Semambang-Kabupaten Pali, dari Kabupaten Mura-Palembang
bisa ditempuh dengan waktu 3,5 jam.

Secara simbolis dalam kesempatan ini Gubernur Sumsel memberikan bantuan Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Musi Rawas Rp 45.500.000.000 miliyar, dan Rp 11.118.650.000 miliyar, serta bantuan peningkatan ruas jalan dari Simpang Semambang Kabupaten Musi Rawas sampai batas Kabupaten Pali senilai Rp 9.414.150.000 miliyar yang diterima langsung oleh Bupati H Hendra Gunawan.

“Saya sangat mengapresiasi atas kinerja Bupati Mura, H Hendra Gunawan, telah mampu membawa Kabupaten Mura lepas dari status kabupaten tertinggal. Ini bukan hal yang mudah, tanpa kerja keras tentu ini menjadi hal yang mustahil. Saya akan selalu mendukung pembangunan Kabupaten Musi Rawas dibawah kepemimpinan Bupati H Hendra Gunawan,” tegas Gubernur.

Kunker ini menjadi menarik karena dihiasi dengan kuis-kuis berhadiah dari Gubernur H Herman Deru. Gubernur memberikan hadiah unit handphone kepada masyarakat yang bisa menjawab pertanyaannya.

Dalam kesempatan yang sama kepada awak media Bupati H Hendra Gunawan mewakili seluruh masyarakat di Kabupaten Mura, mengucapkan terimakasih sekaligus rasa bangga atas perhatian dan dukungan sangat besar dari Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru kepada Musi Rawas.

“Dan hari ini, Gubernur H Herman Deru meninjau secara langsung jalan poros Simpang Semambang sampai perbatasan Pali dengan mengendarai sepeda motor, tentunya hal ini dilakukan pak Gubernur untuk melihat secara langsung kondisi setiap lubang yang ada di sepanjang jalan menuju perbatasan Pali. Termasuk juga untuk melihat lebih dekat keadaan sosial masyarakat di Musi Rawas khususnya dalam wilayah Kecamatan Sukakarya dan Kecamatan BTS Ulu Cecar”, jelas Bupati.

Teks : Rehanudin Akil
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait