Bupati Muba Tokoh Inisiator APSI

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG| Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin menerima penganugerahan penghargaan sebagai tokoh inisiator pelopor bantuan hukum Islam gratis oleh DPW Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia(APSI) Provinsi Sumsel.

Pemberian penghargaan diserahkan ketua umum DPP APSI, Sutrisno S.Ag, kepada Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dilangsungkan dengan penandatanganan. MoU Kerjasama, di ALTS hotel, Kamis (3/9).

Hal ini sesuai komitmen Pemkab Musi Banyuasin terhadap pemberian bantuan hukum secara gratis untuk masyarakat khusus Bantuan Hukum Islam di Muba.

Mengingat kilas balik 20 tahun lalu, di 2006-2008 bantuan hukum gratis pertama di Provinsi Sumsel itu di lakukan di Kab Muba oleh Bupati H Alex Noerdin. Inspirasi tersebut tetap menancap di benak kami setelah beliau menjadi Gubernur itu dan program bantuan hukum di alihkan untuk tidak ada lagi anggaran program gratis.

Pada saat tahun 2017-2020, program bantuan hukum itu dilanjutkan kembali oleh Bupati Dodi Reza Alex Noerdin untuk masyarakat Muba. Sampai tahun ini hampir empat miliar dianggarkan untuk program bantuan hukum gratis di Kab Muba. Tahun depan insyaallah akan ditambah satu miliar untuk bantuan hukum gratis termasuk bantuan hukum Islam bagi warga masyarakat Muba.

“Untuk warga yang bukan e-KTP Muba, aku mohon maaf untuk saat ini aku belum pacak ngeloroinyo, ” kata Dodi dengan logad bahasa Palembang.

“Alhamdulillah, memang selama tiga tahun terakhir memasuki tahun keempat bahwa Kab Muba telah memberikan bantuan hukum gratis kepada masyarakat dan juga bantuan hukum Islam melalui pengadilan negeri Agama secara gratis,” tambah Dodi.

Selain itu, Program ini terus berlanjut untuk dilakukan ditahun mendatang dengan memberikan juga konsultasi hukum, pelayanan hukum serta klinik hukum. Baik perkara perdana, perdata di pengadilan Agama bisa di tingkatkan khususnya masyarakat miskin wajib dilakukan pendampingan bantuan hukum gratis.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama yang baik diantara para pengacara khusus pengacara syari’ah DPW APSI Provinsi Sumsel, maka akses hukum ke masyarakat bisa lebih baik dan merata. Kami percaya hukum itu harus ditegakkan tanpa pilih kasih kepada semuanya,” jelas Dodi

Ketua Pelaksana APSI Sumsel, Jhon Heri menambahkan, Bupati Musi Banyuasin merupakan salah satu Bupati pertama di Sumsel bahkan Indonesia yang memberikan bantuan hukum gratis khusus bantuan hukum Islam. Oleh karena itu sesuai kesepakatan DPW APSI Provinsi Sumsel untuk memberikan penghargaan sebagai tokoh inisiator dan pelopor bantuan hukum Islam gratis bagi masyarakat Musi Banyuasin.

“Jika ada sengketa khusus di wilayah pengadilan negeri Agama di Kab Muba itu semuanya ditanggung oleh Pemkab Musi Banyuasin,” jelas sekretaris DPW APSI Sumsel.

Teks : Iwan
Editor: Sarono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait