KPU Siap Terima Pendaftaran H2G Mulya Jumat Pagi Ini, Ramah Berarti Minggu Lusa

SWARNANEWS.CO.ID, MUSI RAWAS | Guna memperlancar proses pendaftaran Bakal Calon Kepala Daftar (Balon Kada) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Musi Rawas (Mura) tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum melakukan Rapat Koordinasi (Rakor). Rapat ini digelar Kamis, 03/9/2020, dalam tenda yang didirikan persis pada halaman Kantor KPU Mura di Muara Beliti.

Kegiatan dengan tajuk Rapat Koordinasi Persiapan dan Penerimaan Berkas Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Tahun 2020 dibuka dan dipimpin oleh Ketua KPU Mura Anasta Tias didampingi Komisioner Apandi dan Syarifuddin.

Rakor ini dilaksanakan oleh KPU Mura sebagai persiapan untuk pelaksanaan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah (Kada) Musi Rawas pada perhelatan Pilkada serentak 09 Desember 2020 nanti.

Turut hadir dalam kegiatan ini mewakili Kapolres Mura Kasat Intel Ruslan, Dandim 0406 MLM diwakili Mayor Ayub, Ketua Bawaslu Mura Oktureni Sandhara Kirana, Dinas Kesehatan Mura diwakili Nasrul Bayumi, Indra Gunawan dari Disdukcapil Mura, Kesbangpol diwakili Rizal D.

Juga hadir Liaison Officer (LO) atau tim Penghubung Bapaslon H. Hendra Gunawan dan H Mulyana (H2G Mulya), Rudy Setyono didampingi Hermanuddin Pratama. Sedangkan LO Bapaslon Hj.Ratna Machmud dan Hj.Suwarti (Ramah Berarti), Febri Habibie Asril Wijaya.

Sebagaimana diketahui bersama tahapan Pilkada Musi Rawas sudah memasuki masa pendaftaran Bapaslon Kada yang mulai dibuka Jum’at, 04/09/2020 dan akan ditutup Minggu, 06/09/2020 hingga pukul 00.00 WIB.

Banyak hal yang dibahas seputar teknis pelaksanaan penerimaan berkas pencalonan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Mura. Ketua KPU Mura Anasta Tias mengemukakan bahwa Ia dan jajarannya sudah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut kehadiran kedua pihak kontestan Pilkada Mura 2020.

Kata Anas jumlah orang yang bisa masuk ke tenda khusus atau tenda utama tempat pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati dibatasi mengingat masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

Anas merinci yang boleh masuk dan mendampingi Bapaslon antara lain dari unsur masing-masing Parpol pengusung sebanyak dua orang selebihnya LO, selain itu berada di luar tenda utama. Termasuk awak media tidak diperkenankan masuk kecuali pada sesi pengambilan foto.

“Teman-teman media serta rombongan yang menghantarkan Bapaslon kita sediakan tempat khusus di samping tenda tempat pendaftaran Bapaslon”, kata Anas.

Pihak KPU membatasi jumlah yang hadir dan dapat masuk sesuai dengan protokol Covid-19 yang sudah ada protapnya mengenai jumlah kerumunan orang. Apalagi terkonfirmasi dari Dinas Kesehatan Mura bahwa ada tren peningkatan jumlah pasien terpapar Covid-19 di Musi Rawas.

Senada dengan Anas, Ketua Bawaslu Musi Rawas, Oktureni Sandhara Kirana juga meminta khususnya semua pihak Kontestan Pilkada Mura untuk mematuhi semua aturan main pelaksanaan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Jika ada hal-hal yang tak sesuai dengan tata aturan pelaksanaan Pilkada termasuk mematuhi protap Covid-19 kami tidak segan-segan meniup peluit. Semua pihak taati aturan mainnya supaya pelaksanaan Pilkada Mura tahun 2020 ini berjalan lancar dan kondusif”, pinta Ketua Bawaslu Mura.

Kapolres Mura yang diwakili Kasat Intel Polres Mura Ruslan mengungkapkan, jajarannya menyiapkan personil untuk melakukan pengawalan dan pengamanan baik di rumah kediaman kedua Bapaslon maupun hingga iring-iringan ke KPU Mura.

Di kesempatan yang sama Dandim 0406 Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara (MLM), yang diwakili Mayor Ayub menegaskan bahwa TNI tetap menjaga sikap netral dan turut serta bertanggung jawab menciptakan suasana aman pada momentum pelaksanaan Pilkada serentak ini.

Kedua pihak LO juga telah menyampaikan kepastian bahwa Bapaslonnya siap mendaftarkan diri ke KPU Mura. Rudy Setyono selaku LO H2G Mulya menyampaikan pihaknya berencana akan melakukan pendaftaran pada Jumat, 04/09/2020 pagi.

“Bapaslon H2G Mulya akan memanfaatkan Jumat Berkah sebagai momentum yang baik untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas periode 2020-2025. Kami akan mengawalinya dengan rangkaian kegiatan doa pagi di kediaman Bapak H. Hendra Gunawan. Kemudian dilanjutkan pendaftaran ke KPU Mura, kemudian Shalat Jumat di Masjid Darussalam Komplek Pemkab Mura”, ungkap Rudy, yang tercatat sebagai pengurus dan kader Partai Kader Bangsa Mura.

Sementara LO Bapaslon Ramah Berarti, Febri Habibie Asril Wijaya juga mengungkapkan kesiapan pihaknya untuk melakukan pendaftaran pada Minggu, 06/09/2020.

“Hanya untuk waktu pada jam berapa tepatnya belum dapat Saya sampaikan saat ini”, kata Febri saat Rakor di KPU Mura.

Untuk diketahui Bapaslon H2G Mulya memastikan maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati diusung oleh tujuh Partai Politik (Parpol) dengan total perolehan kursi dewan sebanyak 24 kursi. Artinya sudah jauh melampaui syarat minimal 20 persen dukungan yaitu delapan (8) kursi.

Berikut Parpol pengusung H2G Mulya lengkap dengan perolehan kursi di DPRD Kabupaten Musi Rawas. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan/PDIP (8 kursi), Partai Nasional Demokrat/Nasdem (5 kursi), Partai Kader Bangsa/PKB (3 kursi), Partai Keadilan Sejahtera/PKS (3 kursi), Partai Demokrat/PD (3 kursi), Partai Bulan Bintang (1 kursi) dan Partai Hati Nurani Rakyat/Hanura (1 kursi).

Sementara Bapaslon Ramah Berarti diusung oleh tiga Parpol dengan total perolehan kursi dewan di DPRD Mura sebanyak 16 kursi, artinya juga melampui dari syarat minimal dukungan Parpol.

Berikut Parpol pengusung Bapaslon Ramah Berarti lengkap dengan perolehan kursi dewan masing-masing. Partai Golongan Karya/Golkar (7 kursi), Partai Gerakan Indonesia Raya/Gerindra (5 kursi) dan Partai Amanat Nasional/PAN (4 kursi).

Pada kedua Bapaslon yang akan berkontestasi merebut simpati dan dukungan rakyat Musi Rawas ini merupakan petahana atau incumbent. H. Hendra Gunawan yang populer dengan sebutan H2G merupakan Bupati Musi Rawas periode 2015-2020.

Sementara Hj. Suwarti yang saat ini maju kembali sebagai bakal calon wakil bupati berpasangan dengan Hj. Ratna Machmud merupakan Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas periode 2015-2020 mengemban jabatan bersama H. Hendra Gunawan.

Warga masyarakat Musi Rawas berharap kontestasi kedua Bapaslon ini berlangsung damai dan sejuk. Mengutamakan gagasan dan rasional bukan ejekan berbasis emosional demi kebaikan dan kemajuan Musi Rawas selanjutnya.

“Kami berharap kedua belah pihak Bapaslon maju berkontestasi dengan ide dan gagasan yang rasional serta terukur. Bukan melakukan hal-hal yang tak terpuji seperti menyebarkan informasi hoax atau berita bohong, kampanye hitam atau black campaign. Toh masyarakat sudah cerdas menyerap informasi hari ini”, papar Herman warga Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan saat dibincangi Swarnanews.co.id.

Teks : Rehanudin Akil
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait