11 Desa di Kecamatan Suak Tapeh Sudah Realisasikan Bedah RTLH

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Guna membantu warga yang masih menempati Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di tahun 2020 ini ada 11 desa dalam Kecamatan Suak Tapeh, telah merealisasikan bantuan stimulan RTLH yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020.

“Sebelas desa dalam Kecamatan Suak Tapeh sudah merealisasikan bantuan stimulan bedah rumah, untuk memberikan tempat tinggal bagi warga miskin,” kata Camat Suak Tapeh
Sashadiman Ralibi, S.Ag.,M.Si, ditemui di ruang kerjanya, Senin (07/9/2020).

Menurut Camat Sashadiman Ralibi, program bedah rumah ini dari 11 desa bervariasi, yakni ada yang 3 unit dan ada yang 5 unit. Dan semua itu tergantung dari Dana Desa mereka.

“Sebenarnya ada yang lebih dari 5 unit,  namun anggarannya terpangkas oleh dana Covid,” jelas dia.

Dijelaskan Camat Sashadiman, dalam pengerjaan bedah rumah ini tergantung hasil dari Musyawarah Desa (Musdes).

“Pengerjaannya tergantung hasil dari Musdes. Ada pengerjaannya secara gotong royong dan dari pihak pemilik rumah, jikalau ada dana tambahan, itu lebih bagus. Karena dari pihak Pemerintah Desa (Pemdes) hanya membantu berupa bahan material,” ungkap dia.

Program bedah rumah ini kata dia, setiap tahun akan digulirkan selagi di desa tersebut masih ada rumah warga yang Tidak Layak Huni. “Insya Allah dengan dibedahnya rumah warga yang tidak layak huni ini, sirkulasi udara akan sehat dan yang menempatinya lebih nyaman serta tidak kumuh,” ucap dia. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait