Tahapan Tes, Tiga Pasang Calon Bupati Tak Hadir

SWARNANEWS.CO ID, PALEMBANG – Tahapan tes kesehatan untuk bakal calon kepala daerah di 7(tujuh) kabupaten Pilkada Serentak di Rumah Sakit Mohammad Husein (RSMH) hanya di ikuti oleh 10 pasang calon, dari 13 calon.

Dari tiga bakal calon Bupati dan wakil bupati yang tidak hadir itu, terdapat satu bakal calon wakil bupati berasal dari Muratara dinyatakan suspect Covid-19

Ketua Panitia Pemeriksaan Kesehatan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2020, Dr Julius Anzar mengatakan, dari 13 pasang calon bupati dan wakil Bupati yang akan melakukan tes kesehatan di RSMH, hanya di ikuti oleh 10 pasang calon.

“Semuanya 13 pasang, dan yang hadir hari ini hanya 10 pasang calon,” katanya, Selasa (8/9/2020).

Adapun tiga pasang calon yang tidak hadir itu, adalah Kabupaten Pali, Musi Rawas Utara, OKU dan OKU Selatan.

Julius menjelaskan, untuk calon dari Pali dikarenakan wakilnya sakit, Muratara dikarenakan wakilnya positif Covid-19, dan OKU serta OKU Selatan dikarenakan melawan kotak kosong.

“Kabar itu baru kita dapatkan dari KPU Sumsel, bahwa ada dua Kabupaten yang di tunda,” jelas dia.

Untuk mengikuti tes ini, ia mengatakan, setiap calon harus memenuhi persyaratan, seperti melampirkan tes swab, ” Kalau PCR nya negatif baru bisa mengikuti rangkaian pemeriksaan,” katanya.

Namun, untuk petugas RSMH ada 20 dokter spesialis yang memeriksa kesehatan bakal calon, seperti dokter ahli saraf, pskiater, jantung, THT, mata, radiologi dan penyakit dalam.

“Besok diperiksa, nanti sore kita rekap, dan hari kamis kita sudah rekap hasil, kemudian rapat pleno. Untuk hasil nanti akan kita sampaikan ke KPU masing-masing Kabupaten, karena yang berhak menyampaikan hasil tes adalah KPU masing-masing,” terangnya.

Teks : Iwan
Editor : Sarono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait