ARTniversary ke-21, DKP Bangkitkan Seniman Palembang

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Dewan Kesenian Palembang (DKP) menggelar ARTniversary ke-21. Dimana di usia DKP yang organisasi mewadahi enam komite ini dinilai sudah sangat matang untuk membangkitkan semangat para pekerja seni.

Artinya, DKP mampu untuk menunjukkan eksistensi, pesona dan karya-karya para seniman di tingkat masyarakat kota Palembang dengan berbagai event dan pagelaran.

“Hari ini terbukti dengan mengingatkan kembali bahwa banyak tradisi budaya Palembang yang mungkin belum di ketahui masyarakat Palembang. Seperti diketahui pagelaran seni wayang Palembang, saropal anom, Batang hari sembilan, dan pentas dulmuluk,” kata ketua DKP, Iqbal Rudianto, di Guns Cafe, Rabu (9/9) malam.

Selain itu, di masa pandemi saat ini semua aktivitas kegiatan kesenian mendapatkan batasan-batasan. DKP coba memberikan semangat agar seniman dapat berkarya, walaupun harus melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap Protokol Kesehatan.

“Kemarin, kita telah menyelesaikan webiner DKP untuk merumuskan dan membentuk program kerja diera pentas pandemi. Alhamdulillah, banyak rekomendasi, dan regulasi di buat kedepan,” ucap pria disapa Didi ini

Berharap pekerja seniman mampu memanfaatkan teknologi dunia digital untuk menampung kreativitas mereka selama ini.

“Mungkin rekomendasi yang dilakukan untuk kedepan selama pandemi, pekerja seni harus siap berkolaborasi dengan teknologi dengan menyediakan konsep seni pertunjukan walaupun ada penyesuaian Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang, Zanariah menyampaikan, seni tidak akan mati, seni akan selalu menjamur, dan itu sudah menjadi makanan para seni di kota Palembang.

“Yakinlah melalui wadah DKP kedepan akan setara dengan kota lain. Karena kita memiliki potensi, histori yang banyak untuk dilestarikan dan dikembangkan,” kata Emak dari para seniman Palembang.

Untuk mewadahi seni di kota Palembang. Berharap kepada Pak Walikota agar mereka disediakan tempat fasilitas Gedung. Sekali lagi mengucapkan selamat ulang tahun ke21. Mudah-mudahan DPK tetap geliat dan kesenian di kota Palembang tetap maju.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait