Gubernur Sumsel, Bupati Banyuasin, Camat, serta FKPD Tanam Porang Bersama di Banyuasin

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Porang, tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan. Dan juga anggota marga Amorphophallus, lantaran sifatnya masih sekerabat dan mirip penampilan dan manfaatnya dengan Suweg juga Walur, Porang seringkali dirancukan dengan kedua tanaman tersebut. Nama ilmiahnya Amorphophallus muelleri.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Bupati Banyuasin, Askolani Jasi, berserta FKPD Provinsi Sumatera Selatan, para Camat dan Kepala Desa melakukan tanam Porang bersama di Jalan Simpang Desa Sukaraja I, Desa LubTTuk Lancang Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Rabu (16/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menggungkapkan bahwa Porang adalah tanaman yang banyak manfaat, dan semoga menjadi tanaman alternatif masyarakat.

“Semoga porang ini menjadi tanaman alternatif, selain tanaman pokok yakni karet, padi dan komoditi lain untuk kesejahteraan masyarakat Banyuasin,” ungkapnya.

Bupati Banyuasin Askolani menuturkan bahwa tanaman ini bisa dibuat berbagai macam komoditi. “Tanaman Porang ini adalah tanaman banyak manfaatnya, bisa dibuat lem, mie, minyak, tepung dan lain sebagainya. Bahkan saya baca di web dan link artikel di luar negeri, bahwa ini tanaman yang sangat banyak manfaatnya. Saya yakin pangsa pasar porang cerah,” ujar dia.

Camat Suak Tapeh mengapresiasi adanya perkebunan Porang di wilayah kecamatannya.
“Ya, sebagai camat saya sangat mendukung adanya perkebunan Porang di Kecamatan Suak Tapeh. Semoga tanaman Porang ini bisa menyejahterakan warga Suak Tapeh dan sekitarnya. Kami sangat mengapresiasi,” tutupnya. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait