Terjaring razia Masker, Warga Palembang di Sidangkan

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Operasi Yustisi penertiban memakai masker diterapkan di kota Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (27/9/2020) berdasarkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 23 Tahun 2020 tentang protokol kesehatan.

Penegakan disiplin adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman pada situasi Corona virus disease 2019 (Covid-19) di kota Palembang serta pelaksanaan sidang Yustisi di wilayah hukum kota Palembang.

Kali ini terjaring hampir ratusan masyarakat kota Palembang yang tidak memakai masker, di dua titik lokasi, yakni simpang lima DPRD Sumsel dan Monpera.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, warga melanggar tidak memakai masker akan dikenakan sanksi teguran sosial dan administratif berupa denda.

” Sanksi teguran sosial berupa menyapu, bersih-bersih dan denda mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu, tergantung keputusan sidang di wilayah hukum kota Palembang,” kata Sekda.

Sementara itu, Kasat Pol PP kota Palembang melalui Kabid Penegakkan peraturan Perundangan-undangan (PPUD) , Budi Norma menyampaikan, ada tahapan-tahapan dalam sidang, Yaitu apabila tidak anda tidak memakai masker tetapi ia membawa, maka itu diberikan teguran secara lisan. Tapi bila tidak memakai masker maka harus dipersidangkan sesuai aturan hukum.

” Keputusan itu ada pada hakim, apakah harus kerja sosial atau bayar denda itu pilihan yang ditawarkan dalam persidangan, sanksinya akan diputuskan dalam pengadilan,” ujarnya

Giat penegakan protokol kesehatan khusus pemakaian masker ini dilakukan secara serentak di 18 kecamatan kota Palembang bersama Pemkot Palembang, Kapolrestabes dan kodim 0418/Palembang.

Dihimbau untuk masyarakat kota Palembang agar tetap memakai masker ketika keluar rumah dan ikuti protokol kesehatan. Saya memakai masker untuk menjaga anda, dan anda memakai masker untuk menjaga saya,” tandasnya.

Teks : Iwan
Editor : Sarono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait