Seragam Satpam Mirip Polri, Ini Pangkatnya

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Anggota satuan pengamanan (satpam) kini memiliki seragam baru mirip seragam kepolisian dengan kepangkatan yang terdiri dari tiga golongan, yakni Pratama, Madya dan Utama.

Untuk Garda Pratama, pangkatnya segitiga warna putih (pelaksana), Garda madya kuning (supervisor) dan Garda utama merah (manager). Sedangkan, pakaian biasanya warna putih biru dan biru-biru nantinya akan diganti warna coklat.

Hal tersebut tertuang dalam pasal 19 Peraturan Kepolisian Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa.

Ketua BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumatera Selatan, Novembriono menyampaikan, secara filosofi sangat tepat seragam satpam itu berwarna coklat muda, lebih muda dari seragam kepolisian.

Sesuai pernyataan Bapak Kapolri Tito Karnavian sebelumnya saat HUT Satpam ke-37 di Monas. Bahwa satpam itu adalah anak kandung dari kepolisian.

“Saya rasa sangat ironis kalau namanya bapak dan anak kandung. Jika warna bapaknya coklat sedangkan anaknya warna putih atau biru. Tentunya bertanya-tanya, anak siapakah itu,” kata Bang Boy, sapaan akrab saat dibincangi awak media, di cafe COD Simpang Sekip, Kamis (17/9).

Selain itu, sesuai pernyataan Bapak Presiden RI Joko Widodo tahun 2018 kemarin, menyatakan bahwa satpam adalah profesi mulia. Dari kata anak kandung, profesi mulia, menurut Bang Boy itu menjadi dasar untuk perubahan pakaian seragam satpam.

“Artinya, kita tinggal menunggu komitmen serta kebijakan dari Polri dan Pemerintah dalam mewujudkan satpam itu anak kandung juga profesi mulia dengan merubah tampilan seragam satpam,” ujarnya.

“Saya rasa tujuan Polri dengan adanya kemiripan seragam dengan satpam dapat membantu tugas-tugas dari kepolisian secara fakta. Dengan adanya kemiripan seragam satpam ini mudah-mudahan harapan masyarakat dengan perpanjang tanganan satpam bisa lebih terwujud,” tandasnya.

Teks : Iwan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait