Bupati H2G Hadiri Jambore Posyandu

SWARNANEWS, MUSI RAWAS | Bertempat di Rumah Dinas Pendopo Bupati Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu, 19/09/2020 berlangsung kegiatan pembukaan pertemuan Jambore Kader Posyandu Se-Kabupaten Musi Rawas yang dibuka oleh Bupati H. Hendra Gunawan (H2G).

Hadir mendampingi dan juga bertindak selaku nara sumber Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas dr. Hj. Novi Marlina Gunawan didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Musi Rawas Drs. Supardiyono, Sekretaris Dinkes M.Nizar, mewakili Kadis PMD Kabid Pemberdayaan Endang. Kabid Kesmas Dewi Kruniati SKM MSi, serta para Kader Posyandu.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB mengusung tema; Melalui Jambore Kader Posyandu Kita Tingkatkan Kompetensi Kader Posyandu Dalam Rangka Mencegah Stunting Dalam Masa Emas Kehidupan.

Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan mengatakan kepada peserta Jambore Posyandu, Ia sangat mengapresiasi kepada seluruh Kader Posyandu yang telah mewujudkan Kabupaten Musi Rawas sehat.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Kader Posyandu adalah bagian dari masyarakat yang sangat berperan untuk membantu pelayanan di bidang kesehatan khususnya posyandu yang melayani ibu hamil, bayi, balita, remaja sampai dengan usia lanjut”, ungkap Bupati.


Saat ini lanjutnya, seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan keadaan sehingga Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) semakin dibutuhkan.

Selain Posyandu Balita ada Posyandu Lansia, Posyandu UKK, Posbindu, Poskestren,Posyandu Remaja dan UKMB lainnya. UKBM yang ada ini tentunya tidak akan berjalan tanpa adanya peran serta dari masyarakat.

Menurut Bupati H2G, di Kabupaten Musi Rawas jumlah Posyandu Balita ada 316 posyandu dengan jumlah Kader Posyandu sebanyak 1664 orang akan tetapi untuk pertemuan ini baru 500 orang kader yang bisa mengikuti dan dibagi dalam tiga sesi karena harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Saat ini Kabupaten Musi Rawas berada di zona orange yaitu beresiko sedang, maka dalam pertemuan ini kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan cara; mencuci tangan dengan air mengalir, memakai masker bila keluar rumah, menjaga jarak dan hindari berkerumun, makan dengan gizi seimbang dan berolahraga dan berjemur pada pagi hari”, ajaknya.

Bupati H2G juga mengajak Kader Posyandu supaya ikut pula berperan dalam mensosialisasikan dan mengingatkan protokol kesehatan kepada masyarakat yang ada di desa masing-masing.

Teks : Rehanudin Akil
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait