Kapolda Sumsel Jalin Kerjasama dengan SKK Migas

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, M.M. melaksanakan penandatangan perpanjang Perjanjian Kerjasama (PKS) antara SKK Migas dengan Polda Sumsel secara Virtual, di ruang Rekonfu Gedung Promoter Mapolda Sumsel, Selasa (22/09/2020).

Dalam sambutannya Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat Datang di Polda Sumsel.

“Kita ketahui PT Conocophilips (Grissik) ltd merupakan perusahaan yang bergerak dalam sektor eksplorasi dan produksi minyak bumi dan gas skala Internasional. Dan termasuk salah satu obyek vital nasional yang mempunyai nilai ekonomis, strategis, serta sebagai penyumbang pemasukan devisa negara. Dan memiliki potensi kerawanan sebab dapat menggoyahkan stabilitas ekonomi, politik dan keamanan bila terjadi gangguan kamtibmas. Menyikapi hal tersebut diatas tentunya PT.Conocophilips (grissik) Ltd, sebagai obyek vital nasional harus mendapatkan perhatian pengamanan, sehingga tidak terganggu segala kegiatannya. Seperti dalam proses operasional produksi dan pengolahan maupun pendistribusiannya

Adapun perjanjian kerjasama yang dilakukan meliputi, kerjasama bidang pengamanan pada obyek vital PT Conocophilips Grissik Ltd. Mencakup areal wilayah kerja cpgl diggsd, areal wilayah kerja cpgl suban, areal wilayah kerja cpgl dirawa, areal wilayah kerja cpgl dibarging, areal wilayah kerja cpgl dihandak.

Pada prinsipnya, inti pengamanan obyek vital nasional tersebut merupakan tanggung jawab penggelola obyek vital itu sendiri. Polri sebagaimana diamanatkan dalam Keppres no 63 tahun 2004, yang intinya dituangkan dalam No Pol SKEP 738/V/2005 tentang pedomanan pegamanan obyek vital nasional, Polri berperan sebagai pembina pengamanan obyek vital nasional. Sehingga mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menjaga aset negara. Untuk itu sebagai wujud implementasi hal tersebut, Polda Sumsel perlu membuat perencanaan yang matang dalam sistem pengamanan, prosedur, bentuk, serta pola pengamanan. “Dan ini wujud nyata kemitraan Polri yang tercakup 7 prioritas Kapolri, program promoternya penguatan sinergi polisional antara PT Conocophilips Gressik Ltd dan Polda Sumsel,” pungkas Kapolda Sumsel Selasa 22/09/2020. (*)

Teks: rilis
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait