Mukhlisin Berikan Pembinaan ASN Kemenag Harus Tahu Tupoksinya

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG| Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA memberikan pembinaan kepada aparatur sipil negara (ASN) Kemenag Kota Palembang di Aula MAN 3 Palembang, Senin (28/9). Hadir dalam acara pembinaan Kabag Tata Usaha H. Abadil S.Ag, M.Si, Kakankemenag Kota Palembang H. Deni Priansyah S.Ag, M.Pd.I, Ketua DW Kanwil Kemenag Sumsel Dra. Hj. Sumalihah M.Pd, Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel Dr. H. Saefudin M.Si, serta para ASN Kemenag Kota Palembang.

Pada kesempatan itu, Mukhlisuddin menuturkan dalam al Quran telah ditegaskan bahwa Allah SWT menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan perempuan, kemudian menjadikan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal. Menurutnya, berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal di sini bisa diartikan mengetahui tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Dengan demikian, para ASN Kemenag Sumsel termasuk dharma wanita harus mengetahui tupoksi masing-masing.

“Seorang isteri dalam hal ini dharma wanita harus tahu tugasnya apa. Layani dan bantulah suami sebaik mungkin agar bisa bekerja maksimal. Jangan sampai suami dilayani orang lain. Mulai dari saat suami hendak berangkat bekerja, siapkan apa-apa saja yang diperlukan suami mulai pakaian, sepatu, dan lain sebagainya. Begitu juga saat suami pulang bekerja, sambut dengan senyum dan gembira,” terang Mukhlisuddin.
Sedangkan bagi Kepala KUA, tugasnya adalah sebagai penghulu atau pencatat pernikahan dan berkoordinasi dengan stake holder di tingkat kecamatan seperti Camat dan Kapolsek. Begitu pula ASN lainnya seperti kepala seksi, kepala madrasah, guru, pengelola keuangan, penyuluh, atau pegawai administrasi, semua harus paham tugasnya.

“Saya titip dua saja, bekerjalah dengan proporsional dan profesional. Proporsional artinya bekerja sesuai dengan aturan dan sesuai porsinya, profesional artinya memberikan pelayanan prima. Pekerjaan hari ini harus dituntaskan hari ini, jangan ditunda-tunda,” tegas Mukhlisuddin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Palembang Deni Priansyah dalam laporannya mengaku bersyukur karena hari ini ASN Kemenag Kota Palembang dapat bertatap muka langsung dengan Kakanwil Kemenag Sumsel. Deni yakin pertemuan ini akan membawa keberkahan bagi warga Kemenag Sumsel.

“Dalam kesempatan ini, perlu kami laporkan bahwa pembinaan ini dihadiri Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kota Palembang, seluruh Kepala Seksi Kankemenag Kota Palembang, Kepala Madrasah se-Kota Palembang, Kepala KUA se-Kota Palembang, pengawas PAI dan pengawas madrasah, perwakilan penghulu, penyuluh, dan juga anggota Dharma Wanita. Kami senang hari ini bisa mendapatkan wejangan dan bimbingan dari Pak Kakanwil,” tutur dia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *