Kejari OKU Timur Restorative Justice Kasus Pencurian Getah Karet

SWARNANEWS.CO.ID-OKUT | Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur menghentikan tuntutan hukum terhadap tersangka AP (31) warga Kecamatan Belitang II Kabupaten OKU Timur, yang tadinya tersandung kasus pencurian getah karet milik warga yang berdomisili di Kecamatan yang sama dengan tersangka. (Selasa,29/09/20)

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) OKU Timur, Dr. Akmal Kodrat, SH.M.Hum melalui Kasi Intel Darmadi Edison, SH dan Kasi Pidum Fajar Ronal Harry Pasaribu, SH.MH mengatakan, sebelumnya tersangka AP telah ditangkap oleh pihak Kepolisian karena kedapatan mencuri getah karet milik warga di wilayah Kecamatan Belitang II Kabupaten OKU Timur sebanyak 30 Kg, bedasarkan berkas perkara dari penyidik no : BP/17/VII/Reskrim Tanggal 28 Juli 2020.

“Kejaksaan menyelesaikan kasus tersebut dengan menerapkan keadilan Restorative Justice, sesuai dengan peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan Restoratif,” ujar Kasi Pidum, Selasa (29/09/2020) di Kantor Kejari OKU Timur.

Tersangka AP sebelumnya telah ditahan di Polsek Belitang II, setelah Kejari mempelajari berkas dari hasil pemeriksaan Polsek Belitang II, ternyata memenuhi syarat dan perkara ini layak untuk dilakukan restorative justice dikarenakan kerugian yang diderita korban hanya Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah).

“Alasan lain karena telah terjadi kesepakatan perdamaian antara tersangka dan korban, tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana sedangkan tersangka sudah mengganti biaya yang telah telah ditimbulkan serta telah ada respon positif dari masyarakat,” tegasnya.

Teks : Prabu
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait