Desa Rimba Terap Banyuasin Salurkan BLT Terdampak Wabah Covid-19

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Penyaluran Bantuan Langsung Tunai di Desa Rimba Terab, Banyuasin bagi warga miskin, terdampa wabah Covid-19, dilakukan di Kantor Desa Rimba Terab. Masing-masing sebesar Rp 300 ribu per bulan. Bantuan ini untuk menjaga daya beli masyarakat miskin, saat pandemi wabah virus Covid-19 melanda.

“Tidak ada halangan, semua berlangsung normal. Seperti biasa sebelum-sebelumnya, syarat penerima mutlak keluarga miskin yang bukan termasuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Tidak memperoleh kartu sembako dan kartu prakerja,” terang Pj Kades Rimba Terab, Heryanto SH, melalui Sekdes Rimba Terab Jhon Afandi.

Penerima BLT ini didasarkan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Ketentuan mengenai mekanisme pendataan, penetapan data penerima manfaat, dan pelaksanaan pemberian BLT desa, dilakukan sesuai ketentuan menteri Desa PDTT.

Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT dan berada di desa. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi Corona.

Selanjutnya calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.

Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.

“Jika penerima sudah terdaftar dan valid maka BLT akan diberikan melalui tunai,” terang dia menjelaskan mengenai mekanisme pembagian penerima BLT.

Dalam penyaluran BLT di Desa Rimba Terab, pihaknya menyalurkan sebanyak 130 orang KPM yang telah melalui proses verifikasi data kelayakan oleh RT hingga ke pemerintah desa.

“BLT ini jumlahnya Rp 39 juta. Masing-masing KPM mendapat Rp 300 ribu, dengan jumlah 130 orang. Semua sudah kita serahkan, tinggal uangnya dimanfaatkan dengan baik dan untuk kebutuhan sehari-hari,” beber dia.

Sementara itu, Moko, salah seorang warga mengaku pelaksanaan penyaluran BLT di Desa Rimba Terab terbilang cepat dan tidak ada penundaan. Warga tidak menunggu lama dan juga tepat sasaran.

“Kami warga berterimakasih atas terlaksana penerimaan BLT sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyarakat, sudah lima kali disalurkan berlangsung lancar, cepat dan tepat sasaran. Tidak kaget dengan jumlah Rp 300 ribu, sudah dapat informasi dari berita. Penyaluranya tidak lama antri, begitu datang langsung diproses dan diberikan uangnya,” pungkas dia. (*)

Teks : Nasir
Editor : Maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait