Permudah Transaksi Nasabah, QRIS Bank Sumsel Babel Hadir di Babel

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi di industri perbankan, lembaga perbankan selalu dituntut dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi bagi para nasabahnya. Maka sudah menjadi keharusan dunia perbankan saat ini untuk dapat bertransformasi menjadikan layanannya lebih simpel, cepat, akurat dan efisien. Dengan tetap mengutamakan keamanan bagi nasabahnya.

Menyikapi hal tersebut, Bank Sumsel Babel juga selalu berupaya untuk melakukan pengkinian terhadap teknologinya, menyesuaikan dengan tuntutan bisnis perbankan saat ini, salah satunya dengan melaunching penggunaan salah satu layanan pembayaran yang diinisiasi oleh Bank Indonesia, yaitu system pembayaran dengan menggunakan QRIS (Quick Response Indonesian Standard).

Dirut Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin mengatakan, launching QRIS Bank Sumsel Babel ini, merupakan bentuk komitmen dari Bank Sumsel Babel untuk senantiasa memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah Bank Sumsel Babel dalam bertransaksi. Khususnya dalam rangka menghadapi masa pandemi COVID-19 ini, diharapkan penggunaan layanan QRIS selain ikut menyukseskan program Cashless Sociate, juga dapat turut membantu menekan penyebaran COVID-19.

Pembayaran menggunakan QRIS merupakan salah satu layanan terbaru yang dimiliki oleh Bank Sumsel Babel. Dan sebagai informasi hanya 6 BPD saat ini yang memiliki layanan QRIS. Salah satunya adalah Bank Sumsel Babel, hingga 29 September 2020 ini telah tercatat 1.649 QRIS yang diterbitkan oleh Bank Sumsel Babel. Diharapkan dengan pelaksanaan launching QRIS ini, baik penetrasi merchant QRIS maupun pengguna QRIS melalui layanan Bank Sumsel Babel Mobile Banking, terdapat peningkatan signifikan.

Adapun target awal pemasaran QRIS akan dilaksanakan di komunitas ASN dan Dinas-Dinas lingkungan Provinsi, Kabupaten dan Kota se Provinsi Sumatera Selatan dan Kep. Bangka Belitung. Kemudian dilanjutkan dengan UMKM binaan serta merchant- merchant yang telah dikelola Bank Sumsel Babel.

Sesuai dengan PADG BI No 21/18/PADG/2019 batas nominal per transaksi QRIS adalah Rp. 2.000.000, dengan demikian QRIS saat ini sangat cocok untuk transaksi yang bersifat retail. Dalam perkembangannya QRIS berbentuk Stiker yang bersifat Statis, akan dikembangkan ke QRIS yang bersifat Dinamis, Nominal transaksi yang harus dibayar sudah langsung otomatis tampil pada Mobile Banking Nasabah.

Penggunaan QRIS sangat menguntungkan karena selain bersifat cashless, QRIS dapat ditransaksikan dari berbagai aplikasi berbasiskan mobile baik yang dikelola oleh lembaga perbankan maupun non perbankan. Karena sifatnya universal dan terintegrasi. Terhadap nasabah tidak dibebani biaya apapun.

MDR (Merchant Discount Rate) yang dibebankan kepada Merchant QRIS berdasarkan Rapat Dewan Gubernur BI tanggal 30 Julli 2019, terhitung paling rendah yaitu 0,7% untuk merchant reguler. Sedangkan untuk merchant khusus kategori pendidikan 0,6%, Merchant SPBU 0,4% dan 0% untuk kategori G2P,P2G serta donasi. Sedangkan MDR NPG ditetapkan sebesar 1% dan MDR untuk jaringan global (VISA/Master) dikenakan minimal 1,5%.

Selanjutnya, berdasarkan kebijakan BI dalam rangka mendorong penggunaan transaksi non tunai saat Pandemi COVID-19. Salah satu diantaranya yaitu terhitung tanggal 1 April 2020 sampai dengan 30 September 2020, transaksi QRIS untuk pedagang kategori Usaha Mikro MDR nya 0%.

Acara tersebut turut dihadiri dan diresmikan langsung oleh Gubernur Prov. Kepulauan Bangka Belitung, H. Erzaldi Rosman Djohan dan segenap Bupati/Walikota se Kepulauan Bangka Belitung dan perwakilan Forkopimda Prov. Kep. Babel. (*)

Teks: ilham
Editor: maya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait