Relawan Bantu Warga Pasca Kebakaran Hanguskan 72 Rumah di Lahat

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Pasca si jago merah melahap kawasan padat penduduk di Pasar Bawah, Kota Lahat, pada Ahad (04/10) lalu pukul 15.00 WIB. Sebanyak 480 jiwa terpaksa mengungsi akibat hangusnya rumah & harta benda mereka.

Menanggapi musibah ini, Tim Emergency Response dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Selatan menyalurkan berbagai kebutuhan mendesak yang dibutuhkan oleh para penyintas kebakaran.

Berkolaborasi dengan berbagai ormas dan komunitas setempat, bantuan didistribusikan pada Senin (05/10) kemarin. Bantuan terdiri dari perlengkapan dasar seperti sembako, perlengkapan bayi dan anak-anak, susu, alat sholat, perlengkapan sanitasi, serta obat-obatan.

Tak hanya itu, dilokasi kebakaran tim Emergency Response ACT juga telah mendirikan posko bantuan bersama beberapa komunitas, melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, mendirikan dapur umum, hingga pembersihan puing bangunan.

Program ACT Sumsel, Aris mengatakan hingga saat ini para warga yang sebagian besar kehilangan harta bendanya masih membutuhkan bantuan dalam bentuk sandang dan pangan,

“Tercatat ada sebanyak 100 Kepala Keluarga yang menjadi korban pada kebakaran yang terjadi Ahad siang lalu, dan tentunya memerlukan uluran kepedulian kita,” kata dia

Berbagai bentuk bantuan dari masyarakat maupun komunitas terus berdatangan ke kantor act di palembang maupun posko daerah lahat. Tak hanya itu, hari ini (06/10) MRI Sumsel di Palembang berkolaborasi menggelar aksi penggalangan dana kepedulian untuk para penyintas kebakaran di Lahat, tercatat sebanyak 24 komunitas turut bergabung dalam aksi tersebut.

Koordinator Aksi, Rendi Candra mengatakan bahwa aksi yang digelar pada hari ini merupakan aksi kepedulian yang diinisiasi oleh komunitas gabungan yang bernama “Aliansi Pemuda Palembang Peduli Kebakaran Lahat”.

“Melihat semangat kepedulian dari teman-teman komunitas serta animo masyarakat dalam membantu warga Lahat, Alhamdulillah mulai hari ini hingga sepekan kedepan aksi penggalangan dana akan dilaksanakan di dua titik, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan tentunya,” jelas Rendi

Aksi kepedulian tersebut dibagi perhari dengan jadwal komunitas yang berbeda setiap harinya, hal ini dimaksudkan agar tidak menimbulkan kerumunan massa yang terlalu banyak pada saat aksi dilaksanakan, tambah Rendi.

ACT Sumsel terus membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan dalam bentuk donasi cash maupun natura, baik secara langsung diantarkan ke kantor ACT maupun ditransfer melalui rekening BNI Syariah # 66 0000 5505, atas nama Aksi Cepat Tanggap.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait