Picu Semangat Wirausaha, Kadis Dikbud OI, Berikan Bantuan Peralatan Las Kepada 16 Kelompok Las

SWARNANEWS.CO.ID  OGAN ILIR| Guna memicu semangat berwirausaha, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Ogan Ilir (OI) melaksanakan  test selama dua hari yang diikuti  16 Kelompok Las yang dibentuk oleh Disdik setempat  di Gedung SKB Jalan  Olahraga  nomor 95, Kecamatan  Tanjung Raja OI.

Kegiatan yang berjalan lancar tersebut dimaksudkan agar masyarakat OI semkain maju dan bisa berwirausaha dengan keterampilan masing-masing.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten OI Provinsi  Sumsel, melalui Kepala Disdik OI, Dr. Arianto, Rabu (06/10/2020)  secara simbolis menyerahkan  bantuan bagi Kelompok Las yang tersebar di 16 Kecamatan,

Ada pun bantuan yang berikan diantaranya , Mesin Las 450 watt merek Lakoni Basic 162iX sebanyak 16 buah dan Mesin Gerinda modern M 2350 B/M juga  16 unit.

“Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OI, Dr. Arianto. MPd kepada Kepala Instruktur Kelompok Las.

Kadis Dikbud Kabupaten OI, Dr. Arianto. MPd, melalui M. Rusli, S.Pd, Plt SKB Tanjung Raja mengatakan, bantuan peralatan yang diberikan ada dua alat mesin pertama Mesin Las, dan yang kedua Mesin Gerinda. Alat alat ini diberikan kepada sejumlah kelompok yang telah  dites pada hari ini di Gedung SKB atau yang dinilai layak mendapatkan bantuan.

Rusli mengatakan, bantuan peralatan pengelasan ini sebagai pemicu semangat wirausaha dan juga untuk mendongkrak perekonomian agar masyarakat bisa mengembangkan usahanya sehingga lebih sejahtera.

Para pelaku UMKM itu merupakan bagian dari komponen bangsa sebagai penopang kesejahteraan dan ekonomi khususnya di Kabupaten  (OI).

” Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten OI mendorong pengembangan usaha masyarakat,” ujarnya.

Dia mengharapkan agar  bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh para  pelaku UMKM secara bersama-sama para anggota kelompok untuk kemajuan bersama serta dengan baik.

Selain itu Rusli menambahkan para anggota  kelompok ini selain diberikan bantuan berupa peralatan las  juga akan diberdayakan dengan  memberikan modal usaha UMKM.

Mereka akan mengerjakan proyek pengelasan  pembuatan 10.000 unit kursi dan meja belajar sekolah. Di samping itu juga akan memberikan sertifikat uji las bagi para kelompok ini.

Diungkapkan salah satu kelompok asal Desa Tanjung Temiang Kecamatan Tanjung Raja, Aris Munandar  pihaknya sangat bersyukur dan  sangat berterimakasih kepada Castro yang telah mengajukan kami masuk di dalam kelompok ini. Sebab  tanpa bantuannya mungkin  mereka tak bisa ikut tergabung di kelompok las sekarang ini, kususnya bagi kami warga desa Tanjung Temiang.

Pihaknya berjanji, Insya Allah alat yang diberikan ini akan dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Teks/Editor : Sarono PS

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait