Forum BPD Kabupaten Lahat Seruduk Kantor DPRD, Ini Tuntutan Mereka

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT I Kedatangan seluruh anggota Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) yang tergabung didalam Forum Komunikasi BPD Kabupaten Lahat ini di Kantor DPRD Kabupaten Lahat tidak lain menuntut kesamaan hak minimal 60% dari hak Kepala Desa (Kades), Senin (12/10).

Adapun tuntutan puluhan BPD dari perwakilan seluruh Desa di Kabupaten Lahat ini adalah:

1. Meminta fasilitasi dan singkroniasi lembaga BPD dengan pemerintah dan pihak terkait sehingga terbentuk nya pemerintah desa yang transparan dan akuntabel.

2. Segera tingkatkan kapasitas BPD dengan bimtek yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan.

3. Meminta kesamaan hak terkait tunjangan dan kesejahteraan BPD sesuai dengan UMP Kabupaten Lahat.

4. Meminta Bupati membangun sekretariat BPD per desa.

5. Segera Paripurna Perda kan peraturan mengenai BPD.

6. Meminta Bupati membuat peraturan dan keputusan tentang standar satuan biaya desa dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat.

7. Setelah Peraturan Pemerintah tentang BPD disahkan segera buat Perbup tentang BPD yang memenuhi aspek keadilan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

8. Meminta pihak terkait dalam hal ini DPMDes Kabupaten Lahat agar membuat petunjuk tekhnis tentang pemilihan BPD.

Setelah sekitar satu jam melakukan aksi dihalaman kantor DPRD Kabupaten Lahat, Komisi 1 DPRD Kabupaten Lahat menemui dan mengajak para paserta aksi melaksanakan audisendi di ruang rapat gabungan.

Perwakilan peserta aksi, Jupriansyah BPD Kikim Timur, mereka datang ke kantor ini bukan tidak ada dasar, dari kedelapan tersebut pihaknya meminta kepada anggota dewan agar bisa dikaji ulang dan dilaksanakan.

Selain itu, Dedi perwakilan BPD dari Desa Lingkar Jaya juga menyampaikan bahwa, terjadinya aksi demo dari BPD ini didasari dengan dua hal, pertama terkesan dibodoh-bodohi, kedua BPD mempunyai kesenjangan tentang tunjangan dengan perangkat desa.

Mendengar permintaan dari masa aksi tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Lahat Nizarudin, menyampaikan bahwa didalam tuntutan ini satupun tidak disangkal, ini juga pihaknya akan sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Lahat.

Teks: Jumra

Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait