Secercah Harapan Masa Depan Bersama Bidiksiba

PTBA Anggarkan 6,3 M Untuk Bidiksiba 2020

 

SWARNANEWS.CO.ID.MUARA ENIM I Terlihat raut wajah seorang Widodo, tak henti tersenyum menyimpan rasa bahagia, sekaligus bangga saat menghantarkan putrinya yang berhasil menempuh bangku kuliah di Politeknik Negeri Sriwijaya.

Widodo yang kesehariannya, sebagai tukang bakso, tak menyangka putrinya, bisa sejajar dengan anak – anak sebayanya yang bisa kuliah ditempat bergengsi tersebut.

Widodo menyadari dengan kehidupan ekonomi seadanya, bagaimana mungkin dan bagaimana bisa menguliahkan anaknya hingga jenjang Perguruan Tinggi. Kini, Widodo menaruh harapan masa depan yang lebih baik kepada ananknya bernama putri yang terpilih sebagai mahasiswa Bidiksiba PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

“Saya berterima kasih pada Bidiksiba PTBA, yang telah membiayai seluruh kehidupan anak saya yang mau meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu di Politeknik Negeri Sriwijaya,” tutur Widodo terharu.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pasangan Jeuni dan Tugina. Pasangan suami istri yang nyaris sama kehidupan ekonomi dengan Widodo, pedagang kaki lima, orang tua dari Zaskia. Memiliki mimpi yang berujung nyata. Dan akhirnya, anaknya sudah terkabulkan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Alhamdulilah anak kami Zaskia diterima sebagai mahasiswa Bidiksiba, mudah mudahan cita-cita anak kami untuk bisa bekerja di PTBA dan tidak mau lagi melihat kami merantau jauh dan berpisah bertahun tahun dengan nya dapat terkabul,” ujar nya haru.

Ia juga berharap para penerima beasiswa dapat manfaatkan waktu dan kesempatan yang diberikan PTBA dengan sebaik-baiknya.

“Insya Allah sekarang kalian menjadi mahasiswa beberapa tahun akan datang kalian akan menjadi seorang pemimpin,” ucapnya.

Disela pelepasan 24 Mahasiswa Bidiksiba PTBA, di Halaman Kantor CSR PTBA, Selasa (13/10), Senior Manager CSR PTBA Zulfikar Azhar, didampingi Manajer Keuangan CSR Yusril Alamsyah, dan Manajer Humas Komunikasi dan Administrasi Korporat Iko Gusman menyampaikan Bidiksiba adalah program Beasiswa Pendidikan Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) yang digulirkan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Di tahun ini, Bidiksiba mengirim 24 orang mahasiswa terpilih untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang.

Sedikitnya 400 peserta ambil bagian dalam seleksi yang dilakukan sejak Juni 2020 lalu. Hasilnya ditetapkan sebanyak 49 orang terpilih. Dari 49 peserta tersebut, 24 orang mahasiswa masuk ke Politeknik Sriwijaya (Polsri) dan 25 orang masuk ke Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Pada momen istimewa ini, Zulfikar mengatakan Program Bidiksiba merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar di bidang pembangunan pendidikan.

“Kami ucapkan selamat pada anak-anak yang sudah diterima di Polsri. Jangan lupa selalu jaga kesehatan, tetaplah bersikap disiplin, jujur, bertanggung jawab dan jaga nama baik diri sendiri dan keluarga. Karena kunci kesuksesan ada pada diri kalian, bilamana kalian dapat menjaga nama baik, Insya Allah hasil yang didapat akan memberi manfaat untuk kalian, keluarga dan perusahaan,” ucap Zulfikar.

Manager Keuangan Yusril Alamsyah memaparkan Bidiksiba tahun ini merupakan angkatan ke-8, sejak digagasnya program beasiswa ini pada 2013 lalu. Saat ini tercatat sudah ada 288 mahasiswa Bidiksiba, 119 orang sudah menyelesaikan perkuliahan, dan 80% sudah bekerja serta sisanya diberdayakan.

PTBA menganggarkan sekitar Rp 6,3 miliar untuk Bidiksiba 2020. Rinciannya adalah untuk biaya pendidikan hingga selesai, mulai dari biaya makan, pendidikan sewa kost hingga uang saku.

Teks: Jumra

Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait