Desa Payo Merapi Barat Jadi Percontohan Pembinaan Iva Test

SWARNANEWS.CO.ID, LAHAT | Desa Payo yang terletak di Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, mendapat pembinaan langsung dari Tim PKK Kabupaten Lahat bersama Tim PKK Provinsi Sumsel tentang Pembinaan Iva Test Tahun 2020, Jum’at (16/10).

Sebelumnya, Desa Payo ini mendapat juara pertama se Kabupaten Lahat tentang pembinaan Iva Test tersebut, dan kedepan akan mewakili Kabupaten Lahat ke tingkat provinsi dalam ajang pembinaan Iva Test ini.

Kepala Puskesmas Merapi II Kecamatan Merapi Barat, Neli, kepada Swarnanews menuturkan bahwa, Pembinaan ini langsung dari PKK Provinsi dan PKK Kabupaten Lahat, pembinaan ini juga tidak melebar dari pembinaan IVA (Infeksi Vagina Akut) yang menyangkut langkah awal pemeriksaan pada kesehatan rahim ibu-ibu.

Disampaikannya juga, adapun peserta yang dibina ialah dari kader dan tim PKK desa serta bidan desa, ini juga untuk mengetahui peningkatan dan penurunan iva desa itu, apakah meningkat atau menurun.

“Pada saat pembinaan pertama, di desa payo sudah ada pengidap kanker serviks, dan ini dilakukan untuk langkah PKK mengurangi kanker tersebut ditengah masyarakat. Kita sudah bertemu dengan pasien tersebut dan sudah kita rujuk atau diperiksa lanjutan. Pasien juga sudah dirawat dan sudah dioperasi, penanganan nya pun seperti pengidap kanker biasanya,” jelas Neli.

“Sudah ada dua orang sehingga desa ini menjadi desa percontohan pemeriksaan Iva di Kabupaten Lahat. Program ini adalah Program Kementerian Kesehatan dan dijalankan di desa payo hari ini. Desa ini sudah juara satu karena sudah bisa mendeteksi adanya kanker serviks, untuk itu desa payo menjadi juara dan mewakili Kabupaten Lahat untuk ikut di kejuaraan pemeriksaan Iva Test tingkat provinsi,” lanjutnya.

Dijelaskannya juga, adapun faktor kanker serviks ini terjadi bisa karena faktor makanan, kebersihan atau keturunan dan banyak lagi. Adapun cara yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan dan penurunan kanker serviks ini dilakukan dengan cara, yang pertama diberi kuisioner selanjutnya diperiksa oleh tim bidan desa jika ada kelainan maka akan di periksa di puskes.

Sementara itu, Camat Merapi Barat Sumarno,SE.,M.Si mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan Tim PKK, Bidan Desa dan Kader PKK Desa Payo dalam pemberian pembinaan tentang Iva Test.

“Dengan adanya pembinaan Iva Test ini, warga Desa Payo terkhusus warga Merapi Barat dapat terbebas dari kanker serviks, dan jalankanlah apa-apa materi yang telah diberikan oleh tim PKK Provinsi bersama Tim PKK Kabupaten Lahat, semoga juga kedepan Desa Payo mendapat juara kembali di tingkat provinsi dalam ajang pembinaan Iva Test,” harap sumarno.

Selain itu, Kepala Desa Payo Harun Rasyid, kepada Swarnanews juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tim PKK provinsi dan kabupaten yang telah datang dan memberikan pembinaan kepada tim PKK Desa Payo, Bidan Desa dan Kader PKK tentang Iva Test ini.

“Kita tergerak karena sebelumnya sudah ada yang terkena, untuk itu tim PKK tergerak sehingga kedepan jangan sampai ada lagi masyarakat yang terkena. Dengan adanya penyuluhan dari ibu PKK, bidan desa dan lainnya ini, diharapkan kepada masyarakat harus optimis dalam pemeriksaan terutama kesehatan kanker serviks, Alhamdulillah Masyarakat disini termotivasi, hingga saat ini sudah 80 persen yang sudah diperiksa,” bebernya.

Kedepan, dirinya berharap semoga dapat menjuarai lomba pembinaan Iva Test di tingkat Provinsi, ini semua juga tidak lepas dari dukungan masyarakat dan tim PKK. Dirinya juga berpesan kepada warga nya agar lebih menggiatkan pemeriksaan Iva Test ini karena sangat penting dan penyakit kanker serviks ini berbahaya untuk ibu2.

“Kepada kader posyandu dan PKK agar lebih giat lagi penyuluhan kanker serviks ini, semoga ibu-ibu desa payo dapat terhindar dari sakit kanker serviks, kedepan juga mari kita sama-sama menggalakkan himbauan dan penyuluhan kepada masyarakat,” jelasnya.

Teks: Jumra
Editor : Sarono PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait