KAD Anti Korupsi Lembaga Mitra KPK dan Kadin Sumsel

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi Provinsi Sumsel merupakan suatu lembaga yang di bentuk secara resmi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) bermitra dengan Kadin untuk para pelaku usaha.

Sesuai tupoksi, KAD adalah upaya pencegahan korupsi yang menghasilkan solusi bersama dan melaksanakan inisiatif secara simultan dan konprehensif melalui pendekatan, kolaborasi yang melibatkan pelaku usaha, instansi pemerintahan serta aparat penegak hukum.

Menurut, Ketua Harian Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumsel Afandi Udji, Lembaga seperti bisa menekan angka korupsi, dengan upaya pencegahan dini saat melakukan kegiatan usaha bagi pelaku usaha.

“Mendasar hal itu, maka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Kadin, membentuk Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi,” ungkapnya, di kantor Kadin Sumsel. Jumat (16/10/2020).

“Selama ini sering kali pelaku usaha sering terkendala dalam perizinannya, Padahal pelaku usaha ini, sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), jadi permasalahan-permasalahan seperti ini yang akan didampingi KAD nantinya,” sambungnya.

Dikatakan Afandi, KAD Anti Korupsi Sumsel muncul agar pelaku usaha dapat berkembang dan berimbas ada peningkatan PAD.

“Dengan mencegah suap dan korupsi, maka pembayaran resmi akan masuk pada PAD kabupaten dan kota,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti Korupsi Sumsel Hasyam, menjelaskan bahwa KAD Anti Korupsi Sumsel, telah terbentuk sejak tahun 2018 yang lalu oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bersama Kadin. Termasuk Pengurus juga terbentuk dan salah satunya di Sumsel.

“Sesuai dengan tupoksinya KAD Anti Korupsi Sumsel adalah upaya pencegahan korupsi yang menghasilkan solusi bersama,” jelas Hasyam.

“Dan melaksanakan pencegahan korupsi secara simultan dan konfrehensif melalui pendekatan, kolaborasi yang melibatkan pelaku usaha, instansi pemerintahan dan aparat penegak hukum,” imbuhnya.

Teks : Iwan
Editor : Asih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait