ACT Bangun Sumur Bor Pelosok Desa

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Peresmian Sumur Wakaf di Desa Pupui Jaya, Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus, Palembang pada Rabu (21/10) lalu menjadi momen bahagia bagi para warga. Kini mereka tak lagi harus kesulitan mendapatkan akses air bersih untuk memenuhi kebutuhan harian.

Di Kelurahan Pulo Kerto, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, sarana MCK masih sangat minim. Aliran PDAM salah satunya hingga kini bahkan belum sampai kepada rumah-rumah warga. Selama ini warga mengandalkan air yang berasal dari tadah hujan dan air rawa, sebagai sumber utama pemenuhan kebutuhan air.

Selain itu, warga hanya memanfaatkan 2 sumur dalam yang berada di wilayah mereka. Namun kedua sumur tersebut mengering ketika musim kemarau. Disaat kebutuhan air sangat minim, maka warga terpaksa membeli air yang dijual per tangki dari pusat kota.

“Masyarakat akhirnya membeli air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, dan selama ini Musholla juga jarang digunakan warga, karena keterbatasan air bersih,” ujar Aris Lazuardi dari Tim Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan.

Untuk membangun sumur bor sendiri, diperlukan biaya yang cukup besar, sementara warga masih ada dalam kondisi ekonomi yang prasejahtera. Sebagian besar warga Kelurahan Pulokerto adalah buruh, baik buruh tani, buruh pabrik maupun buruh bangunan. Sementara sebagian lainnya berprofesi lain. Pendapatan rata-rata masyarakat sekitar Rp1,2 juta per bulan.

Untuk itu, Global Wakaf – ACT berkolaborasi bersama In.come Realty dan para donator Sedekah.id membangun satu unit Sumur Wakaf di Dusun Pupuy Jaya, Kelurahan Pulo Kerto, Kecamatan Gandus. “Sumur ini kita targetkan dapat memenuhi kebutuhan dari 400 kepala keluarga. Mudah-mudahan hadirnya Sumur Wakaf ini dapat membawa manfaat kepada warga terutama di saat musim kemarau,” jelas Endang, selaku CEO In.come Realty.

ACT Sumsel menjadi mitra pembangunan sumur wakaf pertama dari In.come Realty dan Sedekah.id. Menurut Endang ia mengaku sangat bahagia dengan hasil pembangunan tersebut.

“Kami menggandeng ACT sebagai mitra untuk mengelola dana dari teman-teman In.come Realty dan sedekah.id. Memang harapannya dapat dibangunkan sebuah sumur bor lengkap dengan tempat wudhu. Alhamdulillah hasilnya hari ini sesuai dengan apa yang kami minta. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ACT, harapannya ke depan (Sumur Wakaf) tidak hanya di satu lokasi ini saja, tapi juga bisa membangun di lokasi lain di wilayah Sumsel,” tambah Endang, di sela peresmian Sumur Wakaf.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Sumatera Selatan, Eko Indra Heri yang turut diundang dalam acara peresmian sumur wakaf tersebut menuturkan apresiasinya kepada tim Global Wakaf ACT Sumsel dan Income Realty.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik dari Global Wakaf-ACT Sumsel dan In.come Realty, karena telah mengundang saya disini. Alhamdulillah saya senang bisa turut terlibat dalam peresmian sumur ini, saya harap setelah ini sumur yang telah dibangun bisa bermanfaat untuk warga serta dirawat dengan baik, saya turut mendoakan semoga wakaf ini dapat mengalirkan pahala jariyah bagi para donatur sekalian, aammiin,” Jelasnya

Selain agenda peresmian sumur, sebanyak 33 paket pangan juga dibagikan oleh In.come Realty dan Kapolda Sumsel untuk para warga Lansia prasejahtera di desa Pupui Jaya. Warga pun turut antusias dengan kehadiran petinggi kepolisian nomer satu di Sumatera Selatan tersebut.

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait