Antisipasi Banjir, BBWSS VIII Standby 37 Pompa

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – BBWS Sumatera VIII telah menyiapkan peralatan pompa sebagai mengantisipasi bila terjadi banjir di Sumsel, baik itu Palembang maupun kabupaten kota lainnya.

Menurut perkiraan BMKG, saat ini akan ada fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan penambahan intensitas sedang (moderate) hampir 40 persen.

” Meskipun ada fenomena La Nina atau tidak, terpenting kita tetap waspada. Kami sudah siap dan petugas telah bekerjasama dengan BPBD di kabupaten dan kota apabila ada laporan,” kata Kepala BBWS Sumatera VIII, Birendrajana, Kamis (22/10/2020).

Biren menjelaskan, titik-titik rawan banjir di Sumsel, meliputi Palembang, Oku Selatan, Lahat, Oku timur dan masih banyak kota dan kabupaten lainnya yang harus perlu diantisipasi.

” BBWS Sumatera VIII telah menyedihkan 37 unit pompa, yakni Pompa 16 liter/detik sebanyak 25 unit, 30 liter/detik 10 unit, 250 liter/detik itu 2 unit,” kata Biren

Tahun depan, kata Biren, Balai Besar Wilauah Sungai Sumatera VIII akan melakukan pengerjaan pengerukan Sungai Sekanak dan Sungai Bendung.

” Untuk Sekanak tidak hanya di lakukan pengerukan, sebagian besar lebih arah restorasi. Karena sungai Sekanak lebih di butuhkan bukan hanya penanggulangan banjir, tapi restorasi” ujarnya.

Teks : Iwan
Editor : Asih

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait