Proritaskan Sungai Musi, BBWSS VIII Evaluasi

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Tahun 2021, BBWS Sumatera VIII akan perpanjang area pembersihan sampah seperti enceng gondok dan sampah masyarakat yang kian hari banyak membuat kotor perairan Sungai Musi.

Meskipun tidak keseluruhan, karena panjang sungai Musi mencapai 16 kilometer. Area Sungai Musi akan menjadi prioritas utama di tahun depan. Hal ini sesuai permintaan pemerintah kota Palembang.

“Nantinya, permintaan pemerintah kota Palembang untuk minta di proritaskan pembersihan Sungai Musi akan di evaluasi ulang. Baik pengambilan eceng gondok atau sampah-sampah terapung bisa di optimalkan,” kata Kepala BBWS Sumatera VIII, Birendrajana, Kamis (22/10/2020).

Biren menjelaskan, sebanyak 16 anak sungai di kota Palembang tahun 2020 ini yang menjadi wilayah operasional pengerjaan BBWS Sumatera VIII.

“16 anak sungai itu, yakni Sungai Musi, Sungai Kedukan I, Sungai Kedukan II, Sungai Kedukan III, Sungai Kedukan IV, Sungai Buah, Sungai Selincah I, Sungai Selincah II, Sungai Lambidaro, Sungai Sekanak, Sungai Sedapat, Sungai Betutu, Sungai Poligon Lambidaro, Sungai Anak Lambidaro, Sungai Irigasi PU, Sungai Temuan Banyu – Berani dan Sungai Sebatok,” kata Biren.

Biren menghimbau masyarakat untuk menjaga dan tidak membuang sampah di sungai, minimal paling tidak jangan merusak sungai.

“Memang banyak sampah rumah tangga bisa dari pinggiran sungai Musi sendiri atau anak sungai Musi.
Kemarin sangat disayangkan, kebanyakan sampah rumah tangga terutama limbah sampah padat yang seharusnya tidak dibuang ke sungai,” tandasnya.

Teks : Iwan
Editor : Asih

 

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait