Tes Kemampuan Fisik Prajurit Kodim, Gelar Garjas Periodik

SWARNANEWS.CO.ID, BANYUASIN | Mengetahui tingkat, kesehatan dan kesegaran jasmani prajurit, Kodim 0430/BA menggelar Test Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II tahun 2020, Senin (26/10/2020).

Kegiatan dilaksanakan di lapangan Pemerintah Kabupaten, Banyuasin Jln. Lingkar Sekojo Kelurahan Mulya Agung, Banyuasin III Banyuasin. Kegiatan ini diikuti anggota jajaran Kodim 0430/BA yang meliputi Perwira, Bintara dan Tamtama. Sesuai jadwal, Garjas Periodik dilaksanakan selama dua hari tanggal 26 s/d 27 Oktober 2020.

Dandim 0430/BA Letkol Arm Farid Hidayat, P. S.C, M. Sc. mengatakan, Garjas Periodik merupakan program yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani secara terukur.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik yang dilakukan, dapat diketahui sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh satuan, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan program kedepan. “Laksanakan kegiatan garjas sesuai dengan Kemampuan masing-masing,” lanjutnya.

Sementara itu, Plh. Pasi Pers Kodim 0430/BA Letda Inf Suharsono mengatakan, Pelaksanaan tes kesegaran jasmani kali ini berbeda dengan Garjas sebelumnya, karena adanya pandemi virus Corona. Untuk itu, pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, “Anggota diwajibkan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, jaga jarak saat menunggu giliran dan penggunaan masker,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Kesegaran Jasmani yang dilaksanakan meliputi, Garjas A yakni lari 12 menit. Garjas B, meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges, dan Shuttle Run. Sebelum pelaksanaan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik II, terlebih dahulu anggota melaksanakan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan prosedur tetap yang berlaku, seperti melaksanakan tensi, pengukuran berat dan tinggi badan oleh Tim Kesehatan. Hal ini perlu dilaksanakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya. (*)

Teks: nasir
Editor : Maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait