Shalat Jumat

Oleh Albukhori, S.Ag

 

SWARNANEWS.CO.ID | Pengertian Shalat Jumat ialah Shalat Wajib yang dikerjakan dua Raka’at dan dilakukan pada hari Jum’at pada waktu masuk shalat Dzuhur yg dilaksanakan setelah Khutbah. Sedangkan Hari Jum’at sendiri merupakan raja dari semua hari karena didalam hari Jum’at terjadi peristiwa – peristiwa penting yg terjadi di sejarah Islam seperti Sabda Nabi Muhammad Saw, ” Sebaik – baiknya hari dimana matahari terbit ialah pada hari jumat. Pada hari Jumat tersebut Adam diciptakkan, Pada hari itu dia dimasukkan ke dlm surga dan pd hari Jum’at jg dia dikeluarkan dari surga, Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pd Haari Jumat (HR. Muslim) ”.

Jika melihat Sabda Nabi Muhammad Saw diatas sudah bisa dipastikan bahwa Keutamaan Shalat Jumat dan Manfaat Shalat Jumat sangat luar Biasa besarnya. Sedangkan untuk Hukum Mengerjakan Shalat Jumat sendiri adalah Wajib atau Fardhu Ain bagi semua Laki – Laki Muslim di dunia kecuali untuk Wanita, Hamba Sahaya, Anak-Anak, Orang yg sakit tidak diwajibkan atas mereka dan hanya diwajibkan untuk mengerjakan Shalat Dzuhur.

Hari Jum’at adalah hari yang paling mulia

Keutamaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari Jumat sebagai keistimewaan umat muhammad yang tidak diberikan pada umat sebelumnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Artinya : Sesungguhnya hari Jumat itu adalah pemimpin seluruh hari dan hari paling mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. (HR. Ibnu Majah dinyatakan sahih oleh al-Albani rahimahullah)

Syarat – Syarat Sah Shalat Jum’at

Sedangkan untuk Syarat – Syarat Sah melakukan shalat jum’at antara lain ;

  1. Tempat Shalat Jum’at harus ditentukan,
  2. Dilakukan dalam Waktu Dzuhur dan Hari Jum’at,
  3. Dilakukan secara Berjamaah
  4. Jumlah orang yg berjama’ah sekurang – kurangnya 40 Orang laki – laki dan Sebelum Mengerjakan Shalat Jumat didahulukan oleh 2 (Dua) Khutbah.

Mungkin itulah penjelasan yg dapat kami berikan terkait masalah Shalat Jumat ini dan semoga dapat berguna serta bermanfaat. Aaaaamiin.

Editor : Sarono PS

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait