Bertambah 4.809 Sambungan, Makin Banyak Warga Musi Rawas Rasakan Manfaat Jargas

SWARNANEWS. CO.ID, PALEMBANG | Penggunaan jaringan gas kota di Kabupaten Musi Rawas, makin meluas, Senin (16/11/2020), 4.809 Sambungan Rumah tangga (SR) mulai dioperasikan secara bertahap oleh PT Pertagas Niaga (PTGN). Selaku bagian dari Sub Holding Gas PT Pertamina (Peesero), yang ditunjuk untuk mengelola jaringan gas kota Kabupaten Musi Rawas.

Penambahan jaringan gas kota ini dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan menggunakan APBN tahun anggaran 2020 dan ini menambah jumlah sambungan jargas tersambung sebelumnya di Musi Rawas pada tahun 2018 dengan total keseluruhan 9.991 SR.

Warga yang akan menikmati jaringan gas kota sambungan baru adalah mereka yang bertempat tinggal di Desa Lembam Jaya, Bamesco, Lubuk Rumbai, Suka Mulya di Kecamatan Tuah Negri, Musi Rawas.

Jaringan gas kota Musi Rawas mendapatkan pasokan gas sebanyak 0,2 2 Million Standard Cubic Feet per Day (MMCFD) dari Pertamina EP Asset 2 SKG Musi Timur. “Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan masa jenisnya rendah, sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak,” jelas President Director PTGN, Linda Sunarti dalam keterangan pers tertulisnya. Linda selanjutnya juga berpesan agar warga Musi Rawas dapat menjaga dan merawat jaringan gas di lingkungan sekitarnya agar awet dan dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang.

PTGN menargetkan sambungan jargas tahap kedua ini dapat seluruhnya beroperasi dalam waktu tiga bulan ke depan. Guna mengurangi potensi penularan Covid-19, proses aktivasi akan dilakukan dengan tetap mengutamakan pelaksanaan Protokol Kesehatan. Kementerian ESDM membangun jaringan gas kota di berbagai kabupaten/kota di Indonesia guna melakukan diversifikasi energi dan menekan subsidi LPG dan BBM. Program jargas dilakukan utamanya untuk wilayah dengan sumber dan jaringan pipa gas serta adanya kebutuhan yang sesuai dengan biaya keekonomian. (*)

Teks: ilham
Editor: maya

!-- Composite Start -->

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait