Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unsri Gelar Pelatihan Virtual Laboratorium

Strategi Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Bermuatan Pendidikan Karakter Guna Menghadapi Revolusi Industri 4.0

 

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG | Pandemi covid 19 yang belum berakhir menjadikan pembelajaran daring sebagai alternatif penting bagi guru untuk melaksanakan tugas belajar mengajar.

Menghadapi realita itu guru, murid dan orang tua harus beradaptasi dengan kebijakan baru. Hal yang sulit untuk dilakukan guru terutama guru IPA yakni mengajarkan mata pelajaran berpraktikum yang tentu tidak bisa dilakukan di masa sekarang.

Sejalan dengan itu, para civitas akademika dari Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sriwijaya, menggelar pelatihan untuk merancang pembelajaran digital berbasis Virtual Laboratory bagi guru IPA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kota Palembang, Rabu (18/11/2020).

Para nara sumber tengah memaparkan materi masing-masing. Sementara peserta terlibat secara aktif dalam kegiatan ini. Satu langkah yang memberikan tambahan kompetensi bagi para guru IPA di MGMP Palembang.

Simulasi menggunakan perangkat lunak (software) komputer berbasis multimedia interaktif ini, dapat mensimulasikan kegiatan di laboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya. Laboratorium virtual menyediakan bagi siswa alat-alat, bahan, dan perlengkapan laboratorium dalam komputer untuk menampilkan eksperimen secara subjektif di mana saja dan kapan saja.

Dr. Mgs. Tibrani, M.Si dan Nike Anggraini, S.Pd., M.Sc bertindak sebagai koordinator dalam kegiatan ini beranggotakan Dr. Riyanto, M.Si dan Drs. Khoiron Nazip, M.Si ini juga memberikan pelatihan kepada guru bagaimana cara menerapkan Virtual Laboratorium ini ke dalam proses pembelajaran yang berbasis literasi sains dan pendidikan karakter guna persiapan menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.
Mgs Tribrani yang lebih akrab disapa Aan ini mengemukakan, era revolusi industri 4.0 membawa konsekuensi terhadap pendidikan sains untuk mampu mempersiapkan individu yang memiliki kompetensi di masa depan dengan mengaplikasikan kemajuan teknologi Melalui sains peserta didik berlatih mengembangkan kemampuan berpikir sistematis, logis, dan kritis.

Kegiatan dilakukan melalui Zoom Meeting yang diikuti 24 Orang Guru dan disiarkan secara Live Streaming di Youtube yang langsung dibuka oleh Ketua Jurusan PMIPA FKIP UNSRI yakni Dr. Ismet, M.Si.

Menurut Ismet melalui kegiatan ini mampu mempersiapkan para pendidik khususnya guru untuk dapat bertahan dan bersaing menghadapi era kemajuan teknologi saat ini.

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir. Suasana diskusi juga berlangsung dinamis. Mereka mengaku mendapatkan keterampilan yang sangat penting untuk dapat mengemban tugas sebagai guru IPA sehingga dapat mentransfer ilmu dan keterampilan serta karakter di tengah kondisi sulit saat ini.

Teks/Foto/Kontributor: Nike Anggraini
Editor: Sarono P Sasmito

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait