Pemdes Bersama Kader Posyandu Desa Sukaraja, Rutin Sosialisasi Kegiatan Posyandu

SWARNANEWS.CO.ID,BANYUASIN | Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan anak dan ibu hamil yang sehat, Pemdes Sukaraja merealisasikan kegiatan Posyandu berupa Imunisasi dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan menyusui, balita yang berlangsung di Posyandu desa Sukaraja di Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin.

Kades Sukaraja Solimin mengatakan bahwa kegiatan Posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak dan ibu hamil menyusui serta mengoptimalkan tumbuh kembang balita sehingga diharapkan ibu hamil dan balita tidak mudah terpapar penyakit.

“Imunisasi dan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita ini penting untuk meningkatkan kesehatan sehingga tidak mudah terkena dan terpapar penyakit. Layanan kesehatan tersebut tetap kita prioritaskan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19”kata Solimin.

Kades Solimin menambahkan bahwa kegiatan Posyandu yakni imunisasi dan pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita, biaya kegiatan tersebut dianggarkan dari Dana Desa (DD) Tahun. Kegiatan ini dari Dana Desa tahun Anggaran 2021,” ungkapnya.

Masih kata Kades Solimin, Posyandu merupakan fasilitas kesehatan dari masyarakat dan untuk masyarakat. jenis pelayanan kepada anak-anak berupa penimbangan guna untuk memantau pertumbuhan anak. manfaatnya memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak, KB, imunisasi, Gizi dan penanggulangan Diare.

“Sedangkan posyandu untuk Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati yang pengelolaannya oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan fasilitas kesehatan,” terang dia.

Lanjut dia, kegiatan Posyandu meliputi penimbangan Balita rutin tiap bulan. tujuannya untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sejak dini pertumbuhan balita. selain itu, melalui imunisasi ini balita akan mendapatkan layanan seperti BCG, untuk mencegah penyakit TBC, DPT untuk mencegah penyakit Defteri pertusis (batuk rejan), tetanus, Hepatitis B untuk mencegah penyakit Hepatitis B (penyakit kuning).
Kemudian peningkatan Gizi, dengan adanya Posyandu yang sasaran utamanya bayi dan bilita. untuk meningkatkan Gizi balita. petugas memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, Mpasi, stimulus tumbuh kembang anak, diare pada balita. tahapan akhir penanggulangan diare, dengan memberikan oralit. memberikan rujukan pada penderita diare yang menunjukan tanda bahaya di Puskesmas.

“Mengingat sekarang masih dalam pandemi Virus Corona maka dihimbau agar masyarakat tetap waspada paparan covid19 dengan disiplin prokes. Ikuti perkembangan informasi terkait Covi19, melalui Pos PPKM Mikro yang merupakan bagian dari gugus tugas Penanganan Covid19 di Desa Sukaraja,” pungkas dia.

Terpisah, Camat Suak Tapeh Sashadima Ralibi mengatakan, Posyandu ialah fasilitas Kesehatan yang prinsipnya dari masyarakat untuk masyarakat. Dengan rutin digelar Posyandu lansia akan mendorong tingkat kesehatan, produktif dan perkembangan gizi lansia terpantau. Posyandu lansia meliputi mendaftarkan lansia kemudian kader mencatat lansia ke buku register. dilakukan pengukuran tinggi badan, berat badan dan tekanan darah.

“Kader melakukan pencatatan di KMS lansia meliputi, indeks massa tubuh, tekanan darah. Penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan. pelayanan oleh petugas profesional dari puskesmas meliputi pemeriksaan dan pengobatan ringan” ujar Camat

Dikatakan Camat Sashadiman, Posyandu adalah kegiatan rutin setiap bulannya, diharapkan para kader berdedikasi bersama elemen-elemen yang ada agar hasilnya dapat optimal. dengan dibuktikan antusiasme pengunjung kegiatan Posyandu. selain itu perlu di ketahui oleh masyarakat sekarang masih masa pandemi.

“Masyarakat waspada agar tidak terpapar covid19. dengan disiplin prokes, ingat 5 M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu. ikuti petunjuk satgas covid yang ada di Desa melalui Pos PPKM,”tutupnya.

Teks : Nasir
Editor Maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *