Plt Bupati Muara Enim: Musrenbang Menetapkan Prioritas Pembangunan

SWARNANEWS.CO.ID – MUARA ENIM- Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2023 yang di laksanakan di Ballroom Hotel Grand Zuri  Muara Enim, Senin (20/3/23) pagi diikuti semua pemangku kepentingan.

Musrenbang di hadiri Bupati, Unsur Forkompimda, Anggota DPRD, Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Muara Enim, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota Tetangga, Sekretaris, Staf Ahli Bupati, dan Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Kepala Bagian lingkup Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Pimpinan BUMN/BUMD/BUMS di wilayah Muara Enim, Tim Kerja Pertimbangan Pembangunan dan Pelayanan Publik Kabupaten Muara Enim, Organisasi Wanita, Utusan Perguruan Tinggi,Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, tokoh Agama, Pmpinan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Forum Anak, dan Insan Pers.

Kepala Bidang Perencanaan Program, Wilayah dan pengendalian perencanaan pembangunan Kabupaten Muara Enim, Oktapian Muharsyah, S.E., M,Acc dalam sambutanya mengatakan penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 ini bersumber dari APBD Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2023 melalui Belanja Operasi Perangkat Daerah Bappeda Kabupaten Muara Enim.

Untuk narasumber Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2023 ini adalah  Muhammad Ilyas, S.Sos Ditjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sultan M syah, SE., SH., MM (Kabid Pemerintahan, Kesos dan Kesra Bappeda Provinsi Sumatera Selatan), Prof. Dr. Ir. H. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc. (Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya) Edi Subeno, S.E., M.Si Kepala BPS Kabupaten Muara Enim.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Muara Enim tahun 2023 merupakan rangkaian puncak dalam penyusunan  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2024.

Hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim 2023 ini, akan menjadi bahan dalam Penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupate Muara Enim Tahun 2024 sehingga menjadi Rancangan  Akhir RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2024, dan diharapkan dapat mendukung pencapaian Kinerja Pemerintah serta meningkatkan target indikator makro Kabupaten Muara Enim Tahun 2024.

Selanjutnya bahwa Bappeda Kabupaten Muara Enim telah melakukan penilaian kinerja pelaksanaan perencanaan Perangkat Daerah terbaik Tahun 2023 yang dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu Badan/Dinas/ Inspektorat/Sekretariat dan Kecamatan.

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmawi Kaffa dalam sambutanya mengatakan Musrenbang adalah tahapan sistematis oleh karena itu musrenbang ini merupakan wadah kita untuk menyatukan semangat hati dan pikiran kita dalam konteks menetapkan prioritas pembangunan.

“Kita mengukur kinerja, melihat indikator sampai dengan menargetkan apa-apa yang menjadi target capaian kita di tahun depan,” ujarnya.

Ia menambahkan, Musrenbang ini merupakan penyelenggaraan implementasi dari keamanan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan nasional,  juga tanpa Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang evaluasi dan pengendalian.

“Berjumpa bersama untuk berdialog berdiskusi bukan hanya untuk menyatukan suatu pengalaman kita akan target proses pembangunan tahun 2024 tapi juga memberikan sinkronisasi dari pembangunan itu sendiri, karena tentu di dalam pertemuan ini banyak kepentingan  yang lebih baik dan terdepan,” tegasnya.

“Tadi ada penyerahan penghargaan kepada OPD dan pemerintah kecamatan. Itu adalah pecutan untuk instansi lain agar bisa naik tingkat dan lebih baik lagi. Kita bisa melangkah lebih cepat jika kita melangkah Bersama,” pungkasnya. (Adv)

Teks : Andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 komentar