12 Cakades di OKU Timur Tanda Tangani Komitmen Pilkades, Siap Terpilih dan Tidak Terpilih

SWARNANEWS.CO.ID, OKUT | Sebanyak 12 Calon Kepala Desa (Kades) yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yaitu Desa Banyumas Asri, Kedu, Metro Rejo, Kumpul Rejo dari Kecamatan Buay Madang Timur dan dari Kecamatan Belitang Jaya, ada dua desa yaitu desa Panca Tunggal dan desa Girimulyo.

Acara komitmen Bakal Calon Kades di adakan di Halaman Kantor Polsek Buay Madang Timur Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur (23/05/2023).

Sebelumnya, pada Minggu (08/05/2023) lalu mereka telah resmi dinyatakan sebagai calon Kades, dan telah pula mendapatkan nomor urut pemilihan.

Kapolsek Buay Madang Timur Ipda Sapariyanto SH menjelaskan, tujuan dari dikumpulkannya seluruh Bakal Calon Kepala Desa di Kantor Kapolsek BMT ini, agar kiranya nanti di pemilihan desa tidak ada keributan atau zero konflik.

“Karena kalian adalah keluarga. Dengan ditetapkannya calon kepala desa sekaligus undian no urut calon kades 12 orang ini, maka untuk tahapan selanjutnya guna menciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades maka perlu deklarasi damai ini,” tegas Kapolsek.

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK. MH menerangkan bahwa baru kali Ini Kabupaten OKU Timur Kapolres nya langsung turun dan mendengarkan komitmen langsung, sekaligus bertatap muka dengan bakal calon Kades yang mengikuti pemilihan Kades di desanya.

Dan berharap tidak ada kejadian yang tidak diinginkan. Bakal calon Kades nantinya diharapkan dapat mengabdi di desanya dan bakal mengolah anggaran desa.

Kapolres Dwi Agung juga menambahkan, maksud dan tujuan deklarasi damai ini adalah untuk melaksanakan dan mnyukseskan Pilkades sesuai peraturan perundangan.

Menciptakan, menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Tidak menggunakan unsur SARA (Suku Ras dan Agama).

“Karena kita sama di muka hukum karena kita Indonesia. Dan saya akan bertindak tegas apabila nanti ada kecurangan atau pengerahan massa,” tegas Kapolres.

Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri 300 undangan. Terdiri dari Forkopimcam jajaran, Camat Buay Madanh Timur M. Andre SIP, Kabag Ops Polres OKU Timur Kompol Alex Andrean SH, Kasat Intel Polres OKU Timur Iptu Arie Gusman SE. MM, Kapolsek Belitang lll Iptu Doktor (C) Jhon Albert SH. MSI,MH, Danramil Kapten Inf Kasimin, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades, serta calon kades.

Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga mendatangani bersama komitmen tersebut di kertas putih yang disediakan.

Sementara Kepala Dinas PMD H. Rusman SE. MM mengucapkan selamat kepada bakal calon kades yang telah resmi menjadi calon kades.

Di Kabupaten OKU Timur ada 34 desa yang mengadakan Pilkades serentak pada tanggal 08 Juni 2023 nanti

“Semoga senantiasa diberi kesehatan sehingga bisa mengikuti tahapan Pilkades sampai selesai dengan baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, seluruh calon sengaja dikumpulkan guna melaksanakan ikrar damai secara seremonial.

Kegiatan ini dalam rangka agar semua calon kades menyamakan persepsi dan komitmen. Guna mendukung Pilkades serentak menjadi suatu ajang demokrasi yang bermartabat. Selain itu juga yang berintegritas, bebas kampanye hitam, bebas hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan lain sebagainya.

“Saya titip kepada bapak ibu calon kades agar bisa membangun situasi kondusif di wilayahnya masing-masing di Pilkades 08 Juni nanti. Saya titip juga agar bisa saling bersaing dengan sehat. Semoga damai aman dan maju lebih mulia,” ucap Rusman.

Ia menambahkan, bahwa beda pilihan adalah hal biasa. Namun yang terpenting adalah tidak membuat saling bermusuhan terpecah belah, berbicara yang santun. Dan kalah menang suatu hal yang biasa.

Ia memohon agar nantinya para calon kades bisa menerima dengan legowo lapang dada apapun hasil Pilkades, sebab keputusan sudah diatur oleh Yang Di Atas.

“Jangan sampai ada gesekan konflik. Oleh karenannya kami ingin mengajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, bisa bergandeng tangan dan menyukseskan Pilkades serentak. Selamat berkontestasi semoga semangat persaudaraan, semangat kekeluargaan bisa mewujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif,” tutupnya. (*)

Teks: Rill/Prabu
Editor: maya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *