Tanggapi Kuasa Hukum UKB, Hidayat : Ini Menyesatkan !!

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG –Ketua Tim Advokasi AMUNISI Muhammad Hidayat Arifin menepis bahwa pihaknya mengikuti Aksi unjuk rasa di LLDIKTI Wilayah II (Jumat,26/05/23), bahwa kemudian ada kedatangan AMUNISI di LLDIKTI diwaktu bersamaan, itu benar, akan tetapi kedatangan TIM AMUNISI ke LLDIKTI untuk melakukan audiensi dengan kepala LLDIKTI Wilyah II bukan mengikuti Aksi unjuk rasa.
Sekalipun kami dituding mengikuti aksi unjuk rasa pada saat itu, dan dianggap pula tak memiliki ‘izin’, anggapan ‘izin’ atau ‘perizinan’ itu misleading, Sesuai dengan Pasal 13 UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan menyampaikan Pendapat di Muka Umum, pada dasarnya aktivitas unjuk rasa atau demontrasi tidak perlu mendapatkan izin kepolisian, namun partisipan unjuk rasa cukup menyampaikan surat pemberitahuan tertulis kepada pihak kepolisian. “Dalam UU Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum tidak ada nomenklatur ‘izin’ atau ‘perizinan’. Dengan demikian, sesuai mandat undang-undang tersebut, kepolisian tidak memiliki kewenangan untuk mengijinkan atau tidak hak menyampaikan pendapat dimuka umum, namun berwenang dan bertanggungjawab memberikan perlindungan keamanan terhadap peserta penyampaian pendapat di muka umum dan menyelenggarakan pengamanan untuk menjamin keamanan dan ketertiban umum sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Jadi agar masyarakat mendapatkan edukasi hukum yang benar, penggunaan diksi ‘izin’ dalam mengadakan aksi unjuk rasa harus segera dihentikan karena itu pembodohan terhadap masyarakat secara total,” tutur hidayat saat dihubungi awak media, Senin (19/5/23).
Lebih lanjut Hidayat menerangkan, perlu dipahami pula sistem di indonesia memilik dua bentuk perkumpulan, yaitu perkumpulan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum. Dan AMUNISI sendiri merupakan perkumpulan yang tidak berbadan hukum, sebagaimana diatur didalam UU ORMAS, yang mana bentuk perkumpulan yang dimaksud yakni kesamaan profesi. Artinya AMUNISI pun memiliki hak untuk berkumpul dan berorganisasi.

Hal yang tidak kalah penting yang perlu diluruskan dari amin selaku kuasa hukum UKB adalah berkaitan dengan adanya Diksi “Mafia Kampus” yang ada dalam pamplet aksi adalah dari AMUNISI yang terlibat dalam Aksi tersebut yang hal tersebut menurut Kuasa Hukum UKB ditujukan kepada UKB,

Bahwa pernyataan Kuasa Hukum UKB yang mengatakan bahwa AMUNISI menyebutkan Mafia Kampus adalah UKB adalah kesimpulan Amin itu sendiri.

Pihak AMUNISI hanya menyampaikan bahwa ada dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh salah satu yayasan pendidikan atau PTS di kota Palembang.

Artinya yang keliru itu bukanlah AMUNISI melainkan kuasa hukum UKB, dan semua argumentasi Amin menyesatkan atau gagal paham.

Tentu, hal tersebut justru menimbulkan kerugian nyata bagi kliennya, yakni UKB akan kecerobohan Kuasa Hukum nya sendiri, yang terkesan memanfaatkan panggung tanpa memikirkan nama baik kliennya.

Sehingga, kecerobohan yang dialamatkan pada AMUNISI oleh Amin sebelumnya justru lebih cocok disematkan pada dirinya sendiri. (Tim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 komentar

  1. Hello there, simply turned into aware of your blog through Google, and found that it is really informative. I’m gonna watch out for brussels. I will appreciate when you continue this in future. Many other folks can be benefited from your writing. Cheers!

  2. With havin so much content and articles do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation? My site has a lot of completely unique content I’ve either created myself or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any solutions to help protect against content from being ripped off? I’d certainly appreciate it.

  3. Автомойка самообслуживания под ключ – это современное решение для максимально выгодного бизнеса. Без перерывов и выходных, 24/7 для клиентов.

  4. 1Мойка самообслуживания под ключ – уникальная возможность начать простой в управлении бизнес. Идеально для начинающих предпринимателей.