Gencarkan Literasi, Muba Gelar Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Kabupaten

SWARNANEWS.CO.ID, SEKAYU – Berbagai upaya dan program meningkatkan minat baca peserta didik di Muba terus digencarkan. Termasuk kali ini Pemkab Muba melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Muba menggelar lomba Bertutur Tingkat SD / MI, Senin (19/6/2023) di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate.

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Muba H Apriyadi melalui Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Syaruddin MSi dan menghadirkan 3 Juri dari provinsi Sumsel diantaranya, Slamet Nugroho Pendongeng Nasional, Febri Irwansyah seorang Penggiat Lisan Sumsel, Ninuk Sundari profesional dongeng Sumsel, dan 2 juri dari Muba yaitu Dovi Rustam dan Arif Agung.

Dalam sambutannya Syafaruddin mengatakan, bahwa kegemaran membaca secara langsung maupun tidak langsung menjadi salah satu indikator meningkatkan sumber daya manusia. Oleh karena itu, perpustakaan sebagai ruang publik haruslah dapat memenuhi kebutuhan informasi dan bahan yang sesuai dengan kapasitas intelektual lingkungan.

“Kegiatan ini membuktikan bahwa pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sangatlah peduli dengan tumbuh kembang dan minat baca anak sejak usia dini,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba, Sunaryo SSTP MM dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 28 orang peserta, dan juara lomba akan mendapatkan uang pembinaan tropi dan piagam.

“Kegiatan lomba bertutur yang kita gelarkan ini untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta buku dan perpustakaan,” ungkapnya.

Selain itu, untuk menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya lokal, sejarah dan pahlawan. “Serta meningkatkan kemampuan pelajar nya dalam berbahasa, imajinasi, dan memiliki mental kreatif,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 komentar

  1. I don’t know if it’s just me or if everyone else experiencing problems with your website. It appears as if some of the text within your posts are running off the screen. Can someone else please comment and let me know if this is happening to them too? This might be a problem with my web browser because I’ve had this happen before. Appreciate it

  2. Крупный учебный и научно-исследовательский центр Республики Беларусь. Высшее образование в сфере гуманитарных и естественных наук на 12 факультетах по 35 специальностям первой ступени образования и 22 специальностям второй, 69 специализациям.