Melalui Pengajian Jumat Kliwon, Warga Tambahasri Kontinyu Tanamkan Ajaran Islam Kepada Keluarga

Nurcholis saat memberikan ceramah pada pengajian Jumat Kliwon di Desa Q1 Tambahasri Tugumulyo didampingi MC Hosiaroba dan hadirin lainnya.

SWARNANEWS.CO.ID, TUGUMULYO MUSI RAWAS –Melalui kegiatan pengajian kliwonan warga Desa Q1 Tambahasri Kecamatan Tugumulyo Musi Rawas Sumatera Selatan terus secara kontinyu menanamkan nilia-nilai Islam kepada keluarga.
Kontributor Tabloid Desa di Musi Rawas Hosiaroba mengemukakan, pengajian kliwonan adalah pengajian yang dilaksanakan setiap hari Jumat yang bertepatan dengan kliwon setiap bulan. Acaranya pun dilaksanakan setiap bulan secara bergiliran di setiap masjid dan musolah yang ada di dusun masing-masing. Desa Q1 Tambahasri mempunyai tujuh dusun maka kegiatannya bergiliran dari dusun satu sampai dengan dusun tujuh.
Hadir dalam acara itu Ketua PAC Muslimat Kecamatan Tugumulyo Wagini S.Pd , pengurus musolah Roudhatul-Huda Muri, perangkat desa Kaur Umum Sulaiman, Kadus dusun VI Isworo, pengasuh pengajian TPA Nurcolis, BPD perwakilan Perempuan Hosiaroba , ibu-ibu kader baik kader balita maupun kader lansia, ketua kelompok pengajian beserta jamaahnya dari dusun satu sampai dengan dusun tujuh, pada Jumat Kliwon bertepatan dengan 23 Juni 2023.

Acara diawali dengan pembaccan kitab suci Al-Quran oleh Zaenab dari dusun VI. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Istiqozah oleh Solekha dusun VI. Usai itu Anggota BPD Perwakilan Perempuan Hosiaroba menyampaikan amanah dari TP.PKK Sriamah yang diwakilkan dengan putrinya Rizqi Amalia Soleha S.Kom, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jamaah yang hadir di acara pengajian Jumat Kliwon.
Pengajian Jumat Kliwon sudah dijadikan pengajian Mura Mantab tingkat desa. Untuk itu Hosia meminta kepada seluruh jamaah pengajian yang ada di desa untuk hadir di acara pengajian setiap jumat kliwon. TP PKK Desa Q1 Tambahasri Rizqi memberikan apresiasi kepada seluruh jamaah yang hadir dengan jumlah yang terbanyak dan kepada tiga orang jamaah yang bisa menjawab pertanyaan diberikan oleh penceramah,untuk menambah semangat kepada ibu-ibu di samping mendapatkan siraman rohani juga mendapatkan buah tangan sebagai oleh-oleh yang bermanfaat.
Muri sebagai pengurus Mushola Roudhatul-Huda mengucapkan terimakasih dan menyambut dengan baik kepada seluruh jamaah pengajian yang telah menggelar acara pengajian kliwonan yang pada hari ini tepat di musolah Roudhatul-Huda
Sedangkan Wagini pada kesempatan ini juga menyampaikan kepada seluruh jamaah yang hadir untuk menggiatkan acara ini karena ini juga sebagian dari acara Muslimat dan Fatayat NU yang ada di Kecamatan Tugumulyo.
Sulaiman saat itu juga memberikan semangat kepada ibu-ibu jamaah untuk hadir di setiap acara baik acara pengajian kelompok di setiap dusunnya maupun acara di setiap pengajian kliwonan yang ada di desa.
Dalam ceramahnya Nurcolis memberikan pencerahan kepada seluruh jamaah yang hadir bahwa bulan ini adalah bulan Zulhijah dan merayakan lebaran Idul Adha dan sebelum merayakannya kita disunahkan berpuasa Tarwiyah pada tanggal 8 dan berpuasa Arafah tanggal 9 yang pahalanya kalau puasa Tarwiyah akan menghapus dosa selama satu tahun dan kalau puasa Arafah adalah menghapus dosa selama dua tahun,untuk itu marilah kita manfaatkan waktu yang baik di bulan Djullhijjah ini .
Sesuai dengan yang dijanjikan oleh TP PKK,Sriama kepada yang membawa jamaahnya paling banyak yang hadir maka mendapatkan buah tangan dari Rizqi Amalia Soleha S.Kom,dusun satu dan dusun tujuh yang membawa jamaahnya paling banyak dan untuk jamaah yang bisa menjawab pertanyaan diberikan hadiah oleh TP PKK. Jamilah dari kader lansia,Serli susun empat dan Mutmainah dusun enam,dan kepada seluruh yang hadir belum mendapatkan buah tangan pada kesempatan itu.
Diharapkan pada kesempatan yang akan dating agar warga selalu hadir di setiap pertemuan dan menghadiri acara pengajian baik pengajian kelompok maupun pengajian kliwonan. Walau tidak mendapatkan doorprize tapi langkah-langkah kita menuju majelis taqlim sudah dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT. Nursidah dari kelompok dusun 1 dan Sitibadriyah kelompok pengajian dusun 7 juga mendapatkan buah tangan karena berhasil menjawab pertanyaan.

Teks/Foto: Hosiaroba
Editor: Sarono P Sasmito

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *