Cegah Aksi Kriminalitas Phising dengan Mengabaikan Tautan Mencurigakan

SWARNANEWS.CO.ID, PALEMBANG – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) mengimbau masyarakat Sumsel, maupun di Kota Palembang agar berhati-hati dengan penipuan dengan modus phising.

“Kita memberikan imbauan kepada masyarakat terkait dengan maraknya aksi penipuan. Dengan modus phising, saat ini sedang menjadi trending toping di kalangan masyarakat Indonesia,” ujar Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM , Rabu (2/8/2023).

Ia menjelaskan, phishing adalah bentuk serangan siber yang bertujuan untuk memperoleh informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi pribadi milik korban.

Jangan mengklik tautan atau lampiran dari pesan singkat dan email yang mencurigakan atau tidak dikenal.

“Kita harus melakukan pemeriksaan terhadap URL situs web secara seksama, sebelum memasukkan informasi pribadi Jangan memberikan informasi pribadi atau login melalui pesan atau panggilan yang tidak sah,” jelas Alumni Akpol 91.

Bahkan gunakan keamanan lapis ganda (two-factor authentication) untuk akun-akun penting. Nah itulah informasi singkat terkait apa itu phising, ciri-ciri, dan tips menghindarinya.

“Phising adalah kejahatan online yang harus diwaspadai oleh kita semua. Apabila anda merasa mengalami hal ini, segera lakukan tindakan pencegahan dengan mengabaikannya,” terang dia.

Jika ada informasi dengan pelaku phising segera laporkan ke pihak berwajib di sekitar Anda. “Kita himbau untuk tetap selalu waspada,” tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *